Bio Farma Berharap Tunisia dan Maroko Mampu Penuhi Kebutuhan Vaksin Secara Mandiri



Bandung, Beritainspiratif.com - Direktur Utama Bio Farma M.Rahman Roestan hari ini selasa (28/8/2018), menerima kunjungan delegasi Tunisia dan Maroko yang mewakili Kementerian Kesehatan, industri vaksin institute Pasteur de Tunis serta Institut Pasteur du Maroc.

Dalam kunjungan tersebut turut hadir mendampingi Direktur Utama, yakni Adriansjah Azhari, Direktur Riset dan Pengembangan, serta Juliman, Direktur Produksi Bio Farma, serta wisnu Utomo, Direktur Politik Luar Negeri dan Kerjasama Internasional, Bappenas

Kunjungan dimaksudkan untuk mencari pengalaman dan pengetahuan mengenai pembuatan vaksin dari hulu sampai ke hilir, karena Indonesia yang sudah ditetapkan menjadi Pusat Penelitian Vaksin di Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk bidang Vaksin dan Bio Teknologi pada Desember 2017 yang lalu.

Direktur Utama Bio Farma M. Rahman Roestan megatakan dari 57 negara anggota OKI, hanya sekitar tujuh negara yang sudah memiliki pabrik vaksin dinegaranya, antara lain Indonesia, Saudi Arabia, Maroko, Tunisia, Mesir, Senegal, dan Iran, dan dari ketujuh negara tersebut, namun yang sudah diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk vaksin dasar hanya Indonesia.

“Indonesia merupakan satu dari tujuh negara yang produk vaksin dasarnya sudah diakui oleh WHO, sehingga ini menjadikan delegasi Tunisia dan Maroko tertarik untuk belajar  manajemen dan produksi vaksin, Bio Farma dengan expertise yang sudah diakui WHO, dengan senang hati untuk sharing dengan negara OKI lainnya, ujar Rahman.

Rahman menambahkan saat ini sudah berjalan supply vaksin ke Saudi Arabia, kerjasama ini untuk memenuhi kebutuhan vaksin di negara arab dan negara – negara teluk.

Dari pantauan Beritainspiratif.com mengenai produk vaksin yang akan dibantu oleh Bio Farma, untuk kerjasama ini antara lain, produk imunisasi dasar seperti Polio, campak, tetanus, difteri, pertusis dan yang terbaru adalah pentavalen, (DTP, Hb, Hib), sehingga mereka bisa memproduksi dan memenuhi kebutuhan vaksin secara mandiri.

Selain sharing mengenai produksi vaksin, Bio Farma juga akan mengajak negara anggota OKI, untuk melakukan penelitian secara bersama – sama untuk menemukan vaksin baru, untuk pencegahan penyakit baru, atau inovasi lainnya.

“Negara anggota OKI, memiliki banyak peneliti, yang bisa kita gabungkan untuk menemukan untuk penyakit baru kedepan dan tantangan kita adalah untuk menemukan vaksin dengan material yang tidak diragukan kehalalannya. ”, ungkap Rahman.

Program kerjasama penguatan Indonesia-Morocco-Tunisia Development Cooperation melalui Reverse Linkage (RL) ini dilaksanakan pada 27-30 Agustus 2018, di Jakarta dan Bandung, atas dukungan dari Menteri Perencanaan dan Pengembangan Nasional / BAPENNAS, Kementerian Kesehatan, Badan POM, dan Bio Farma.

Yanis

Berita Terkait