BIJB Kertajati Usai, Kegiatan Transaksi Terapkan Non Tunai



BANDUNG. Bank Indonesia (BI) Jawa Barat terus berupaya mensosialisasikan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) kepada masyarakat agar terbiasa bertransaksi non tunai.

Salah satu yang akan dicanangkan BI Jabar ke depan yakni segala kegiatan transaksi di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati akan menggunakan kartu.

Kepala Perwakilan BI Jabar, Wiwiek Sisto Widayat mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak BIJB dan Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar. Bahkan, kata Wiwiek, skema penggunaan kartu untuk BIJB sudah dirancang.

"Sudah membuat draft MOU dengan BIJB dan Pemprov, kalau BIJB itu jalan langsung dengan menggunakan kartu," ujar Wiwiek kepada BeritaInspiratif, Senin (23/10).

Disamping itu, Wiwiek memperkirakan jumlah transaksi ritel dengan non tunai di Indonesia khususnya Jabar akan terus meningkat. Walaupun secara pangsa atau jumlahnya tidak terlalu besar.

Pasalnya, saat ini transaksi ritel di Indonesia masih didominasi dengan uang tunai. Persentase bahkan mencapai 99,4 persen dan angka itu merupakan yang tertinggi dibanding negara Asean lainnya.

"Jabar memang akan terbatas, ada di uang parkir, akan ada di tol, dan supermarket," tandasnya. (gan)

Berita Terkait