Biaya Perpanjangan SIM C di Kota Bandung Hanya Rp 165 Ribu



Bandung, Beritainspiratif.com - Di Bandung khususnya, apabila kita ingin melakukan pengurusan perpanjangan khusus SIM (A atau C) tidaklah sulit. Selain bisa dilakukan pengurusan perpanjangan/pembuatan SIM di Polrestabes Bandung, untuk pengurusan perpanjangan juga bisa dilakukan di dua tempat yakni mobil SIM keliling dan outlet SIM corner Polrestabes Bandung.

Untuk pengurusan perpanjangan SIM di mobil SIM keliling, biasanya lokasi dapat kita ketahui dari pengumuman yang disampaikan oleh Polrestabes di media sosial atau media lainnya yang jadwalnya ditetapkan secara mingguan.

Lokasinya SIM keliling bisa berada di Dago Plaza, Miko Mall Kopo, Honda Nagamas Soekarno Hatta, Alfamart Bandung 1 Soekarno Hatta, Lucky Square Jalan Jakarta, dan Radio Dahlia Jalan Burangrang, dan lokasi tersebut bisa berubah-ubah.

Untuk pengurusan perpanjangan SIM di outlet SIM corner Polrestabes Bandung ada di dua lokasi yang dapat dijangkau ;

1.SIM Corner Polrestabes Bandung di Pasar Modern Batu Nunggal Blok RG-03 Jl. Soekarno-Hatta Bandung.

2.SIM Outlet Polrestabes Bandung Bandung Trade Centre (Basement)/BTC Mall Jl. Djunjunan (Pasteur)

Adapun jam pelayanan hari Senin s/d Sabtu dimulai pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB dan hari Minggu pukul 06.00 WIB – 07.00 WIB. Dan apabila membutuhkan informasi anda dapat menghubungi call Center SIM keliling Kota Bandung: 022-61755575

Pada Rabu, (3/10/2018), saya mencoba melakukan pengurusan sendiri, meskipun SIM C jangka waktunya baru akan habis pada 15 Oktober 2018 agar tidak lupa, dan dengan pertimbangan lokasi yang paling dekat dengan rumah, maka saya melakukan pengurusan perpanjangan SIM C (sepeda motor) di SIM Corner Komplex Batu Nunggal Blok RG,03 Bandung.

Sesampainya dilokasi tersebut hal pertama yang saya lakukan adalah melakukan fotokopi SIM (yang masih berlaku) dan KTP sebagai persyaratan awal yang tersedia di lokasi.

Sayapun mendapat arahan dari petugas untuk terlebih dahulu melakukan test kesehatan, meliputi test membaca huruf, warna, dan tensi, setelah lulus sayapun endapatkan surat keterangan sehat, dan melakukan pembayaran sebesar Rp40 ribu.

Selanjutnya sayapun diarahkan ke petugas loket pendaftaran, untuk menyerahkan SIM Asli (lama) beserta fotokopi KTP disertai surat keterangan sehat, dan melakukan pembayaran biaya perpanjangan SIM C sebesar Rp75 ribu dan biaya Asuransi sebesar Rp50 ribu sehingga total sebesar Rp125 ribu, dan mengisi data pemohon SIM.

Setelah melakukan pengisian data, berkas-berkas tersebut saya serahkan ke bagian data entri, untuk selanjutnya menunggu antrian untuk foto SIM.

“Menunggu panggilan antrian foto SIM sangatlah tergantung jumlah orang yang melakukan pengurusan perpanjangan SIM dan biasanya jika jumlah antrian banyak bisa menunggu hingga 40 menit,” ujar Iwan pedagang kopi yang ada di lokasi tersebut. Sedangkan pengambilan SIM setelah foto, biasanya hanya butuh waktu 10 menit,” tambah iwan kepada beritainspiratif.com

Sebelum saya meninggalkan lokasi tersebut, SIM C baru yang sudah diperpanjang di tempat tersebut terdapat penjual jasa untuk laminating dan pemasangan anti gores SIM dengan biaya Rp5 ribu agar SIM bisa bertahan selama 5 tahun dan saya pun melakukannya.

Sehingga secara keseluruhan biaya pengurusan perpanjangan SIM C membutuhkan biaya sebesar Rp165 ribu tanpa ada perantara/calo.

Ternyata pengurusan SIM di Bandung mudah dan tidak terlalu lama. (Yanis)

Berita Terkait