BI Himbau Gunakan Kartu Berlogo GPN, Ini Alasannya !



Beritainspiratif.com - Bank Indonesia mengajak masyarakat untuk menukarkan kartu debit Visa atau MasterCard dengan kartu GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) yang berlogo Garuda.

Dengan menggunakan kartu berlogo GPN, masyarakat akan mendapatkan kemudahan dalam melakukan transaksi pembayaran pada seluruh kanal pembayaran (EDC) yang tersedia, sehingga akan meningkatkan efisiensi waktu dan biaya.

Selain itu kartu berlogo GPN akan menjaga keamanan data, karena seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik (ATM Bersama, Prima, Alto, dan Link).

Bahkan masyarakat juga dapat menikmati biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh pemrosesan dilakukan di domestik, dan bank tidak dikenakan biaya lisensi logo.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara, menyampaikan bahwa untuk mendukung program gerbang pembayaran nasional (GPN) Bank Indonesia (BI) dan perbankan menggelar kampanye GPN.

Kegiatan Kampanye GPN ini, secara serentak diselenggarakan pada Minggu, (29/7/2018), yang dilanjutkan dengan kegiatan penukaran kartu yang dijadwalkan akan berlangsung pada 30 Juli hingga 3 Agustus 2018, dan sekaligus untuk memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

Dengan mengusung tema "GPN Pemersatu Transaksi Pembayaran Nasional, masyarakat diberikan kesempatan untuk menukarkan kartu ATM/Debet bank yang dimilikinya menjadi kartu berlogo GPN," kata Mirza di Gedung BI, Jakarta, Jumat (27/7/2018).

Sementara itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat dan perbankan Jabar, juga menggelar kampanye Gerbang Pembayaran Nasional atau GPN melalui kegiatan pekan penukaran kartu berlogo GPN di 22 titik di Jawa Barat, ujar Kepala Grup Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Ismet Inono, Sabtu 28 Juli 2018.

Kegiatan yang digelar dengan bekerja sama dengan 16 bank di Bandung, akan dilakukan di 22 titik lokasi antara lain di Car Free Day Dago di halaman parkir BCA Dago, Perguruan Tinggi seperti Universitas Parahyangan, Universitas Padjajaran, Institut Teknologi Bandung, kantor pemerintahan seperti Dinas Pariwisata, Dinas Bina Marga, Bea Cukai, Kementerian Agama dan lainya.

Sesuai dengan tema kampanye “GPN Pemersatu Transaksi Pembayaran Nasional”, dengan GPN diharapkan masyarakat tidak perlu lagi memiliki banyak kartu untuk bertransaksi dan infrastruktur pemrosesan pembayaran (EDC) dapat disebar lebih merata,” kata Ismet.

Yanis

Berbagai Sumber

Berita Terkait