BI dan Perbankan Se-Ciayumajakuning Gelar Kampanye GPN



Cirebon, Beritainspiratif.com - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon bekerjasama dengan Badan Usaha Perbankan Daerah se Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajkuning) mengelar kampanye Gerakan Pembayaran Nasional (GPN) di Stadion Bima, Kota Cirebon, Minggu (29/7).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Abdul Majid Ikram mengatakan GPN merupakan program BI yang bertujuan agar segala transaksi keuangan non tunai menggunakan kartu yang berlogo GPN.

" GPN ini bertujuan untuk membawa semua transaksi keuangan yang melalui perbankan terutama yang non tunai menggunakan kartu berlogo GPN," kata Majid ditemui pada acara kampanye tersebut.

Majid menjelaskan GPN merupakan satu sistem dimana semua transaksi yang dilakukan oleh masyarakat dengan menggunakan kartu pembayaran baik itu atm maupun kartu kredit, bisa digesek melalui satu mesin Electronic Data Capture (EDC). Selain itu, biaya transaksi pembayaran alias Merchant Discount Rate (MDR) juga menjadi lebih murah.

Dengan GPN ini, BI mendorong lembaga keuangan maupun non keuangan untuk membangun fasilitas untuk membantu transaksi keuangan melalui perbankan yang menggunakan kartu.

" Kita mendorong lembaga-lembaga keuangan maupun non keuangan mendirikan fasilitas untuk membantu transaksi keuangan melalui perbankan yang menggunakan kartu," tandas Majid.

Dalam acara ini, masyarakat berbondong-bondong menukarkan kartu atm mereka dari yang biasa diganti dengan atm yang berlogo GPN.

YoC

Kepala KPw BI Cirebon, Abdul Majid Ikram

 

Berita Terkait