Bhabinkamtibmas Ini Fungsikan Motornya Jadi Perpustakaan Keliling ke Pedalaman

Mamasa, Beritainspiratif.com – Bripda Yusran anggota Polres Mamasa, Sulawesi Barat, selain menggunakan motor dinasnya untuk operasional tugas sehari-hari juga mengfungsikan motornya sebagai perpustakaan keliling, sebagai bentuk kepedulian dalam upaya mencerdaskan bangsa dan juga meningkatkan minat membaca anak-anak di pedalaman Mamasa.

“Ini semata-mata saya lakukan untuk meningkatkan pendidikan anak-anak khususnya mereka yang berada di daerah pedalaman, saya prihatin saat melihat masih ada anak di daerah ini kesulitan untuk membaca, apalagi karena kurangnya sarana buku bacaan,” kata Yusran, Sabtu (3/8/2019) seperti yang diungkap detik.com.

Yusran yang sehari-hari bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Polsek Tabulahan. Dia menyulap motor dinasnya sebagai perpustakaan keliling dengan memasang sebuah boks besar di belakang motor.

Boks itu dibuat Yusran dengan biaya sendiri dengan menyisihkan gajinya, kemudian boks itu diisi dengan berbagai buku bacaan seperti buku cerita anak, buku pelajaran dan lainnya.

Lalu Yusran di waktu luangnya diluar tugas pokok sebagai polisi, berkeliling menjangkau anak-anak di daerah pedalaman. Dia mengaku melakukan kegiatan tambahan tersebut pada saat melakukan penyuluhan kepada warga.

“Berawal saat saya melakukan penyuluhan Kamtibmas kepada warga, mulai dari situ saya terfikir untuk mengarahkan anak-anak agar tidak terpengaruh dengan hal-hal negatif, salah satunya dengan cara memberikan mereka kesibukan dan wawasan melalui informasi yang terdapat dalam buku-buku bacaan yang sifatnya edukatif,” jelasnya.

“Pokoknya di mana saja, jika saya tidak sibuk dan melihat ada anak-anak yang berkumpul saya langsung singgah dan mengajak mereka untuk membaca buku-buku yang saya bawa,” sambungnya.

Upaya yang dilakukan Yusran ini mendapat apreasiasi dari warga setempat. Salah satu guru di wilayah itu memuji usaha Yusran sebagai hal yang luar biasa.

“Usaha yang dilakukan ini sangat luar biasa dan sangat saya apresiasi, saya berterima kasih atas usahanya memajukan dunia pendidikan,” ujar salah seorang guru SDN 015 Bakeng, Julita. (Yanis)

Bagikan: