Berukuran Lebih Besar, Ikan Nila Nirwana dan Mas Marwan Hasil Inovasi Pemprov Jawa Barat



Bandung Beritainspiratif.com - Sejumlah inovasi ditampilkan pada kegiatan Festival Laut Jawa Barat di area Gedung Sate Kota Bandung pada Jumat (16/11/2018). Di antara sekian banyak inovasi tersebut yang cukup unik adalah inovasi ikan air tawar yakni ikan nila dan ikan mas.

Menurut keterangan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi Jawa Barat Java Ismail, ikan nila hasil inovasi ini bernama nila nirwana yang berarti ikan nila ras Wanayasa Kabupaten Purwakarta. Nila nirwana ini lahir dari hasil rekayasa genetik berbagai jenis ikan nila

"Kalau nila nirwana itu, nila rasnya Wanayasa, Purwakarta. Induk awalnya itu nila giv dan nila, tapi sudah disisipkan nila asal Genomar, Kenya, dan ke depannya akan kita sisipkan nila Kanagawa dari Jepang," paparnya.

Begitupun dengan ikan mas marwana meski sama-sama memiliki ras Wanayasa ikan Mas marwana lahir dari percampuran jenis-jenis ikan mas yang ada di Jawa Barat.

"Kalau mas marwana itu hasil dari persalinan antar 4 jenis ikan mas yakni ikan mas Majalaya, kemudian ikan mas Margadanu, Kabupaten Kuningan, ikan mas Wildan, Kabupaten Kuningan, dan ikan mas Sutisna, Kabupaten Cianjur," jelasnya

Pihaknya berharap, menjelang peringatan Hari Ikan National pada 21 November mendatang masyarakat bisa lebih menggemari ikan yang sejauh ini masyarakat Jawa Barat masih belum memilih ikan sebagai konsumsi utama.

"Karena mungkin alasan selera, di Jabar ini masyarakatnya bukan pemakan ikan, masyarakat Jabar itu memang makan ikan tapi ikannya yang kecil dan sedikit tapi nasinya yang banyak kebiasaan ini yang kedepannya harus dirubah," tandasnya. (Tito)

Berita Terkait