Bersihkan Sampah Di Pantai Dengan Kostum Spiderman, Diganjar Hadiah Umroh Gratis



Parepare, Beritainspiratif.com - Berkat aksinya Roedy Hartono (36) memungut dan membersihkan sampah di pesisir pantai Parepare, Sulawesi Selatan dengan menggunakan kostum superhero Spiderman, kini dia mendapat tiket umroh gratis ke tanah suci, dan bahkan aksinya tersebut menjadi viral hingga mendunia.

Roedy mendapat paket umroh dari dari komunitas Pasukan Amal Sholeh (Paskas) dan diterimanya dalam sebuah acara yang digelar di Masjid Al-Irsyad, Senin (2/3/2020).

Roedy yang juga Spiderman Parepare ini nantinya akan berangkat umroh VVIP, bersama dengan rombongan lainnya seperti marbot masjid, tukang gali kubur, pengurus jenazah. Selain itu, para tahfiz dan anak yatim juga akan berangkat umroh gratis.

"Saya sangat senang sekali, tidak pernah terpikirkan tiba-tiba dapat rezeki seperti itu. Saya ucapkan terima kasih kepada Paskas yang bisa mewujudkan mimpi saya ke Baitullah. Saya sangat terharu sampai meneteskan air mata," kata Roedy seperti dilansir detikcom, Selasa (3/3/2020).

Hadiah umroh dari komunitas Paskas itu menjadi pemicu Roedy untuk lebih bertanggung jawab sebagai pegiat lingkungan.

"Dengan adanya penghargaan seperti ini saya harus lebih bertanggung jawab," janjinya.

Ustaz Hisbul, salah satu anggota Paskas sekaligus pembina gerakan infak beras mengatakan hadiah umroh yang diterima Spiderman Parepare itu ketetapan Allah.

"Dia yang bersungguh-sungguh bergerak di bidang sosial peduli lingkungan diberi rezeki oleh Allah. Meski tak pernah membayangkan, tapi mungkin ia (Spiderman) dalam hati kecilnya pernah terlintas ingin berkunjung ke Baitullah," tutur Hisbul.

Aksi Roedy 'Spiderman' membersihkan sampah yang berserakan di jalan-jalan dan pantai di Parepare, sebelumnya disorot media asing, Rabu (12/2/2020). Media ternama Reuters ikut mengangkat tulisan mengenai sosoknya.

Dalam artikel berjudul "Have no fear, Indonesia's Spider-Man will clean up your trash", Reuters menulis tentang perjuangan Rudi mengajak warga sekitar untuk memunguti sampah-sampah yang berserakan di jalan-jalan dan pantai.

Media asing lainnya yang mengangkat tulisan mengenai Rudi adalah media Singapura, The Straits Times yang menuliskan judul "Indonesia's Spider-Man puts new spin on picking up trash". Ada pula media, India TV News.com yang menulisnya dengan judul "This Indonesian man dresses up as Spider-Man to clean trash. Read to know why".

Setelah menjadi perbincangan, sudah banyak yang mau membantu bahkan anak ini sampai tergugah hatinya dan ingin membersihkan sampah bersama dengan saya di pesisir pantai, katanya.

Roedy sehari-hari bekerja sebagai Jurnalis Freelance dan membantu mengelola manajemen keuangan sebuah warkop di Kota Parepare. Dia membeberkan alasan memakai kostum superhero saat membersihkan sampah.

"Saya memang berniat untuk menarik perhatian warga, karena sebelumnya saya pernah melakukan hal yang sama tapi tidak mendapat respons yang baik, malah dibilang orang gila. Sayapun memutuskan memakai kostum Spiderman," ujarnya.

Roedy juga mengaku penggemar berat tokoh Spiderman. Roedy bersyukur aksinya dengan kostum Spiderman ini menarik perhatian warga.

Spiderman Movie

"Kebetulan saya penggemar berat tokoh Spiderman ini sejak zaman komik. Dan alhamdulillah ternyata berhasil menarik perhatian warga, ada yang ikut membantu meski lebih banyak yang minta selfie, tapi yang jelas saya berhasil membuat aksi saya ini dilihat dan berharap bisa menggugah hati mereka untuk ikut peduli," tuturnya.

Roedy berharap aksinya ini bisa mengubah dan menggugah paradigma masyarakat untuk lebih mencintai lingkungan. Dia berharap Pemerintah Kota Parepare ikut andil.

"Harapan saya sih ke pemerintah kota paling meminta bantuannya melakukan edukasi pada masyarakat tentang bahaya membuang sampah tidak pada tempatnya," pungkasnya. (*)

Berita Terkait