Berhasil Dalam Tata Laksana Pemerintahan, 40 Peserta Diklatpim IV Lakukan Benchmarking di Kota Cirebon



Cirebon, Beritainspiratif.com - Sebagai salah satu kota di Jawa Barat, Kota Cirebon telah berhasil dalam bidang tata laksana pemerintahan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat.

Karena itulah sebanyak 40 peserta Diklatpim dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan benchmarking di Kota Cirebon.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Daerah Istimewa Yogyakarta, Kuncoro Cahyo Aji, saat mendampingi benchmarking 40 peserta Diklatpim IV angkatan VIII tahun 2018 di aula BPPPPD Kota Cirebon, Selasa (4/9).

“Para peserta selama dua hari ini akan mempelajari dalam bentuk replikasi pengetahuan maupun memahami tentang apa yang sudah dilakukan Pemerintah Daerah Kota Cirebon,” ungkap Kuncoro.

Khususnya yang terkait dengan sektor Komunikasi dan Informatika, kesehatan serta pariwisata.

Peserta Diklatpim, lanjut Kuncoro, akan berupaya untuk mengumpulkan, mengidentifikasikan data serta berbagai informasi di beberapa bidang tersebut.

“Data maupun informasi yang sudah didapatkan nanti bisa menambah wawasan bagi peserta Diklatpim tersebut,” ungkap Kuncoro.

Sehingga harapannya nanti apa yang didapatkan dari Kota Cirebon bisa memberikan inspirasi bagi peserta untuk menemukan berbagai proyek perubahan untuk diterapkan di daerah masing-masing.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon,Asep Dedi, merasa bangga karena Kota Cirebon menjadi kota bagi peserta Diklatpim untuk melakukan benchmarking.

“Sebagai tuan rumah, kita harus memberikan informasi serta memberikan pelayanan yang baik,” ungkap Asep.

Asep pun berharap, apa yang sudah didapatkan dari peserta Diklatpim di Kota Cirebon bisa menjadi inspirasi untuk bisa diterapkan di daerah masing-masing peserta berasal.

Yones

Berita Terkait

  • Ramadhan & Idul Fitri
  • 17 Apr 2024
30 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jakarta