Bergulir 29 Februari, Peserta Liga 1 2020 Dapat Subsidi Rp5 Miliar Lebih

Jakarta, Beritainspiratif.com – Operator Kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) menyebut Persipura Jayapura dan Persiraja Banda Aceh mendapatkan dana subsidi lebih besar dari 16 klub peserta Liga 1 2020.

Direktur Utama LIB, Cucu Somantri mengatakan perbedaan jumlah subsidi itu sudah disetujui semua klub peserta dalam rapat manajer yang digelar di Hotel Century, Senayan, Rabu (19/2).
Sebanyak 18 klub peserta Liga 1 2020 mendapatkan tambahan subsidi sebesar Rp200 juta dari sebelumnya Rp5 miliar. Namun, khusus untuk Persiraja dan Persipura mendapat subsidi lebih besar Rp500 juta dibandingkan tim lain.

“Dengan kemampuan LIB saat ini, kami memutuskan subsidi untuk tim Liga 1 memang ada peningkatan dari sebelumnya Rp5 miliar menjadi Rp5,2 miliar.”
“Sementara untuk tim yang secara geografis cukup jauh, seperti Persipura dan Persiraja kami tambahkan Rp500 juta. Jadi klub tersebut mendapatkan Rp5,7 miliar,” ucap Cucu.

Cucu mengakui saat ini LIB memiliki utang yang belum terbayarkan sebesar Rp136 miliar. Selain subsidi, utang tersebut juga termasuk biaya operasional sejak 2017.

“Jadi sementara dengan perhitungan keuangan, kami akan berupaya menyelesaikan utang-utang sebelumnya. Makanya saya tidak bisa meningkatkan subsidi tim untuk seluruhnya,” ungkapnya.

Selain itu, Cucu juga memastikan bahwa tidak ada perubahan jadwal bergulirnya Liga 1 2020 yang rencananya dimulai pada 29 Februari mendatang. Laga perdana bakal menampilkan runner up Liga 1 2019, Persebaya Persebaya melawan juara Liga 2, Persik Kediri di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). ***

Bagikan: