Berbeda dengan Tahun Sebelumnya, Pembukaan MTQ Ke 51 Kota Cirebon Dilakukan Usai Sholat Subuh

Cirebon, Beritainspiratif.com – Berbeda Dengan Tahun Sebelumnya, Pembukaan MTQ ke 51 Kota Cirebon Dilakukan Usai Sholat SubuhBerbeda dengan tahun sebelumnya, pembukaan MTQ tingkat Kota Cirebon ke 51 akan dilakukan usai pelaksanaan sholat Subuh. Melalui pelaksanaan MTQ, diharapkan masyarakat Kota Cirebon akan lebih berkarakter religius dan bernuansa islami.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Cirebon, Agus Mulyadi, usai rapat persiapan MTQ ke 51, Selasa, 23 Oktober 2018, menjelaskan jika rangkaian kegiatan MTQ tingkat Kota Cirebon ke 51 dimulai dari tanggal 25 Oktober 2018 hingga 29 Oktober 2018.

“Dimulai dari orientasi pelantikan dewan hakim. Selanjutnya pada hari Jum’at, 26 November akan dilaksanakan pawai ta’aruf,” ungkap Agus.

Selanjutnya pembukaan MTQ ke 51 tingkat Kota Cirebon akan dilakukan pada Ahad/minggu, 28 Oktober 2018. Uniknya, pembukaan MTQ tahun ini akan dilaksanakan usai pelaksanaan sholat Subuh. “Karena usai sholat Subuh, massa sudah terbentuk. Sudah banyak,” ungkap Agus. Selain itu, pada MTQ tahun ini juga akan dilaunching aplikasi E Wasiat atau Wahaye Sadar Akhirat. Yaitu aplikasi yang dibuat oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Cirebon, dimana merupkan bagian dari Cirebon Smart City.

Selanjutnya Agus berharap melalui kegiatan MTQ ini bisa memasyarakatkan nilai-nilai Islam dan nilai-nilai Al Quran di Kota Cirebon. “Kami berharap dengan MTQ ini gebyar dan syiar Islamnya lebih diketahui oleh masyarakat luas,” ungkap Agus.

Sementara itu Ketua Pelaksana MTQ ke 51 Kota Cirebon, Ustad H. Ahmad Yani, mengungkapkan jika tujuan pelaksanaan MTQ ini tidak lain untuk meningkatkan pemahaman umat Islam terhadap Al Quran.

“Sehingga diharapkan masyarakat Kota Cirebon akan lebih berkarakter religius dan bernuansa Islami,” ungkap Yani.

Karena sesungguhnya Al Quran, lanjut Yani, merupakan pembimbing dan pedoman hidup untuk mencapai masyarakat Kota Cirebon yang lebih baik lagi.

Mengenai pelaksanaan pembukaan MTQ pada waktu Subuh, diakui Yani, baru kali ini terjadi di Indonesia. Harapannya, geliat masyarakat untuk hadir bisa lebih kuat. Nantinya kafilah akan melakukan sholat Subuh berjamaah dengan jemaat sholat dan selanjutnya Pembukaan MTQ ke 51 tingkat Kota Cirebon akan dilakukan.

“Yang berbeda lainnya yaitu, pawai taaruf yang biasanya ba’da zuhur, nantinya akan dilakukan ba’da ashar,” ungkap Yani.    (Yones)

Bagikan: