Berapa Banyak Belerang di Gunung Welirang



Beritainspiratif.com - Gunung Welirang merupakan gunung yang ada di Jawa dan konon menjadi tempat yang disucikan. Sebelum dinamakan dengan nama Gunung Welirang, gunung ini namanya adalah Gunung Kemukus. Hal ini tercantum dalam sebuah buku Pgeaud, seorang ahli Sastra Jawa dari Belanda (Pigeaud, 1924), yang artinya :

“Dilepaskan turun di sebelah barat, menuju ke timur pulau Jawa. kemudian dilepaslah Sang Hyang Mahameru, dipindah ke timur. Dasarnya tertinggal di barat. Oleh sebab itu terciptalah gunung yang bernama Kailaca nanti. Mengenai Sang Hyang Mahameru beginilah ceritanya. Puncaknya dipindah ke timur, dikitari oleh semua para dewa; runtuh dari Sang Hyang Mahameru. Setelah jatuh ke tanah terciptalah Gunung Katong yang kedua tanah jatuh menciptakan Gunung Wilis; yang ketiga tanah runtuh tercipta Gunung Kampud ; yang ke empat pada tanah yang runtuh tercipta Gunung Kawi; yang kelima tanah runtuh menciptakan Gunung Arjuno; yang keenam tanah runtuh menciptakan Gunung Kamukus.”

Namanya berubah karena gunung ini sendiri merupakan gunung yang memiliki kawah belerang yang cukup besar sehingga dijuluki Welirang yang berasal dari Belerang. (Yanis)

Sumber : Phinemo – Asal Usul oleh :Wike Sulistiarmi

Berita Terkait