Berantas Buta Aksara, Pemdes Ambulu Kabupaten Cirebon Luncurkan Program Calistung



Cirebon,Beritainspiratif.com - Dalam upaya meningkatkan giat membaca dan memberantas buta huruf sejak dini, Pemerintah Desa Ambulu, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon meluncurkan program membaca, menulis dan berhitung (Calistung) untuk anak usia Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di luar jam pelajaran sekolah.

Program tersebut menggandeng karang taruna desa setempat yang digelar setiap hari Sabtu dan Minggu. Dalam mencerdaskan anak-anak di MI dan SD, Karang taruna Desa Ambulu, setiap hari Sabtu dan Minggu memberikan program literasi dengan mengajarkan anak-anak calistung di balai desa.

Kuwu Desa Ambulu, Sunaji memaparkan, Desa Ambulu yang berada di wilayah pesisir dikenal dengan kawasan yang banyak sekali anak-anak usia sekolah putus sekolah.

Maka, upaya yang dilakukan selain wajib belajar formal di sekolah, pemdes memberikan program tambahan untuk memberikan pelajaran tambahan kepada para siswa di luar jam sekolah dengan menggandeng karang taruna.

“Kami ingin mempunyai generasi masa depan dari mulai pendidikan dasar, baik di Madrasah Ibtidaiyah maupun sekolah dasar,” terangnya kepada awak media, Sabtu (23/3/2019)

Dijelaskannya, pola pengajaran yang dilakukan oleh karang taruna tersebut yakni mereka memberikan pelajaran menghafal dan berhitung kepada anak- anak SD maupun anak-anak MI di balai desa.

Setiap hari Sabtu pukul 13.30 WIB dan hari Minggu pukul 09.00 WIB, kegiatan belajar dan menghitung dengan pola belajar sambil bermain sehingga anak-anak tidak jenuh dan cepat menangkap akan materi calistung yang di berikan oleh anggota karang taruna.

“Tujuannya untuk memperlancar anak-anak di usia SD dan MI dalam membaca, menulis dan menghitung,” harapnya.

(Dekur)

Berita Terkait