Bentuk Forum BUMN Jabar, Emil Ingin Pembangunan Tak Melulu Andalkan APBD

Bandung, Beritainspiratif.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat membentuk forum BUMN yang salah satu fungsinya adalah mengkoordinir penggunaan Coorporate Social Responsibility (CSR) dari sejumlah perusahaan-perusahaan BUMN yang berkantor di Jawa Barat.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Sate Rabu (21/11/2018).

“Secara resmi kita mendirikan forum BUMN Jawa Barat hasil lobi saya ke ibu Menteri BUMN agar semua BUMN yang ada di Jawa Barat khususnya dan semua BUMN yang punya proyek di Jawa Barat agar bersatu di Forum Ini,” ungkapnya.

Manfaatnya, lanjut Ridwan Kamil, perusahaan BUMN tidak membelanjakan CSR-nya sendiri-sendiri tapi berdasarkan pembahasan dalam forum tersebut.

“Sementara, ada 30 BUMN yang telah bergabung, keuntungannya apa, anggaran CSR bisa di belanjakan lebih efektif,” imbuhnya.

Pihaknya ingin agar penyaluran CSR berdasarkan apa yang dibutuhkan oleh Provinsi Jawa Barat, bukan sekadar menghabiskan anggaran, justru dimulai dari Jawa Barat punya problem apa yang bisa di bantu oleh forum tersebut.

“Misalkan ternyata Telkom punya anggaran untuk memperbaiki jembatan putus, kan kita tidak tahu, coba kalau kita obrolin kan jadi tahu, tinggal nanti sampaikan ke media kalau ada jembatan rusak itu Telkom bisa bantu, itu contohnya,” papar pria yang biasa disapa Kang Emil ini.

Contoh tersebut, dikatakannya hanya sebagian kecil dari sekian banyak urusan di Jawa Barat, pelaksanan ini merupakan teori membangun ABGCM yakni sinergi antara Academy, Business, Government, Community, dan Media

“Inilah bentuk teori bahwa membangun itu tidak selamanya mengandalkan APBD,” tandasnya. (Tito)

Bagikan: