Bendera Terbesar di Indonesia Dibentangkan Ribuan Pemuda Se-Bali

Denpasar, Beritainspiratif.com – Bendera Sang Saka Merah Putih berukuran 120 Meter X 80 Meter yang merupakan bendera terbesar di Indonesia dibentangkan oleh ribuan komponen pemuda se- Bali pada rangkaian 74 tahun Kemerdekaan RI, HUT Pemprov Bali dan mendukung Pergub Bali soal Bulan Bung Karno, yang digelar di Lapangan Kapten Japa, Kesiman Kertalanggu Denpasar, Sabtu (17/8/2019).

Dilansir Balipost.com bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Ketua Yayasan Kepustakaan Bung Karno, IB Darmika Marhaen WPS alias Gus Marhaen.
Para pengusung Merah Putih tersebut terdiri dari ormas Garda Bali, KNPI se-Bali dan mahasiswa se-Bali. Juga didukung pelajar dari SMAN 3 Denpasar, SMKN 3 Denpasar, SMAN 7 Denpasar, SMA PGRI 4 Denpasar, SMK PGRI 3 Denpasar, SLUA Saraswati dan SMA 1 Denpasar.

Acara spektakuler ini diawali dengan pembacaan teks Pancasila dan Pembukaan UUD 1945 juga dihibur dengan senam kreasi budaya Indonesia dari Lala Studio dihadiri senator DPD RI, Cok Ratmadi dan Ketua Yayasan Mahendradatta, Shri IGN Wira Wedawitry WPS.

Saat itu Gus Marhaen yang mengenakan atribut Bung Karno juga membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan RI yang mendapat aplaus luar biasa dari ribuan peserta apel. Puncaknya ketika ribuan komponen pemuda membentangkan Sang Saka Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya.

Sebagian berada di tengah naungan Sang Saka Mera Putih, sebagian lagi memegang bendera sambil mengumandangkan “Kami Indonesia.” Gus Marhaen mengatakan bendera yang dibentangkan masih menjadi yang terbesar di Indonesia dari sisi panjang dan lebar 3:2. Bendera itu masuk Rekor MURI Indonesia No 4.498, Oktober 2010.

Dia mengungkapkan semua komponen yang terlibat dalam pembentangan bendera terbesar ini akan dicatat dalam buku “6000 Tahun Bendera Merah-Putih.” Buku ini ditulis Prof. Moh. Yamin yang kata pengantarnya ditulis oleh proklamator Bung Karno. (Yanis)

Bagikan: