Benahi Perangkat Desa, Pj Kepala Desa Wanakaya, Gelar Seleksi Terbuka



Cirebon,Beritainspiratif.com - Untuk mengisi kekosongan perangkat desa, Pemerintah desa Wanakaya, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon melaksanakan seleksi terbuka untuk masyarakat yang berminat untuk menjadi perangkat desa.

Seleksi terbuka ini sebagai upaya untuk memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat yang merasa mempunyai kemampuan untuk membangun desa Wanakaya.

Pj Kepala desa Wanakaya, Kecamatan Gunung Jati, Abdul Kodir, membenarkan adanya seleksi terbuka untuk perangkat desa tersebut.

"Selama ini ada 5 jabatan yang kosong, dan oleh kepala desa sebelum nya tidak diisi, kan sayang kalau tidak ada orangnya, jadi kami berinisiatif untuk membuka seleksi perangkat desa," ujar Kodir, Selasa (26/11/2019)

Dikatakan Kodir, seleksi calon perangkat desa ini dilakukan berdasarkan persetujuan dari pihak BPD dan untuk panitia perekrutan sendiri diserahkan sepenuhnya kepada pihak BPD.

"Ada panitia khusus yang akan melakukan seleksi baik seleksi administrasi maupun seleksi kemampuan, dari hasil seleksi ini, akan diserahkan ke pihak Kecamatan untuk mendapatkan rekomendasi," katanya.

Seleksi sendiri, kata Kodir, hanya dikhususkan untuk warga masyarakat desa Wanakaya saja, dan nama-nama yang masuk dalam rekomendasi dari pihak Kecamatan akan segera dilantik dan diberikan Surat Tugasnya.

"Selesainya sudah berjalan, dan sekarang tinggal tahapan untuk mendapatkan rekomendasi dari pihak Kecamatan, setelah mendapat kan rekomendasi, maka pihaknya akan segera melantik perangkat desa yang baru," katanya.

Kodir berharap dengan seleksi terbuka yang dilakukan nya ini akan muncul putra daerah yang mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Secara tidak langsung kami juga memberikan pelajaran kepada masyarakat akan keterbukaan, jadi semoga dengan cara ini akan dihasilkan perangkat desa yang berkualitas dan mampu melayani masyarakat dengan baik," tambahnya. (Dekur)

Berita Terkait