Belajar ke Kota Banjar, Karang Taruna Kabupaten Cirebon Optimis Bisa Tangani Sampah

Cirebon, Beritainspiratif.com – Pengurus Karang taruna Kabupaten Cirebon melakukan studi banding terkait penanganan sampah di salah satu Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) yang ada di Kota Banjar, Minggu (19/5/2019).

Dalam studi banding tersebut, pengurus Karang taruna Kabupaten Cirebon yang juga membawa pengurus Karang taruna desa, belajar terkait penanganan sampah yang bisa memiliki nilai ekonomi.

“Bicara sampah sebenarnya bicara uang, dari sampah sebenarnya kita bisa mendapatkan banyak uang, untuk itu kami menimba ilmu di Kota Banjar ini,” ujar Dangi, Senin (20/5/2019).

Dikatakan Dangi, di Kota Banjar, sampah dari rumah bisa habis ditingkat TPST saja, jadi sampah yang dihasilkan rumah tangga tidak ada yang dikirim ke TPA.

“Dari awal sampah datang, langsung dilakukan pemilahan, pemilahan ini adalah proses pemisahan sampah organik dan sampah an-organik,” kata Dangi.

Dijelaskan Dangi, sampah organik nantinya dibuat pupuk kompos setelah melalui proses pencacahan dan fermentasi, sedangkan untuk sampah an-organik bisa langsung dijual atau dibuat kerajinan.

“Hasil belajar ini akan kami shering dengan pengurus karang taruna tingkat desa, dan karang taruna desa akan berkolaborasi dengan Pemdes untuk melakukan kegiatan penanggulangan sampah ini,” tandasnya.

Dangi berharap, dengan semua desa melakukan kegiatan penanganan sampah dengan baik, maka Kabupaten Cirebon bisa menjadi daerah bebas sampah.

[Dekur]

Bagikan: