Begini Jawaban Jokowi Terkait Keinginan Wali Kota se-Indonesia Minta Kenaikan Gaji



Kota Bantul, Beritainspiratif.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menampung usulan dari Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) terkait dengan kenaikan gaji Wali Kota. Kini pihaknya sedang menghitung apakah usulan tersebut bisa terealisasi.

“Belum, belum (belum ada kenaikan gaji). Yang namanya masukan keinginan kan banyak sekali. Kita tampung, tapi belum tentu juga ya,” ujar Jokowi seusai menghadiri acara launching peningkatan kapasitas pemerintahan desa di Jogja Expo Center (JEC) Bantul, Rabu (25/7) dikutip dari Sebarr.com.

Pemerintah pusat, sambung Jokowi, tidak bisa langsung menyetujui permintaan APEKSI. Sebab, banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam menaikkan gaji wali kota.

“Kalau (gaji) wali kota naik, (gaji) bupati terus naik. (Gaji) bupati dan wali kota naik (gaji), gubernur juga naik. Kalau (gaji) gubernur naik, nanti (gaji) menteri juga naik. Jadi tidak mudah ya,” ujarnya.

“Semua harus dikalkulasi, semua harus dihitung, disesuaikan dengan kemampuan fiskal kita. Kalau kemampuan fiskal kita longgar kenapa tidak. Ini masih dalam hitung-hitungan,” pungkas Presiden Jokowi.

YoC

Presiden Jokowi bersama Wali Kota se-Indonesia, foto : Istimewa

Berita Terkait