Bawaslu Kalsel Kukuhkan 7.000 Relawan Terbanyak Kawal Pemilu 2019, Catatkan Rekor MURI

Banjarmasin, Beritainspiratif.com – Berdasarkan Pasal 97 UU Pemilu, Bawaslu Provinsi memiliki fungsi dan tugas untuk melakukan pencegahan, penindakan, mengawasi pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pemilihan umum di wilayah provinsi dan bersikap netral serta melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sehubungan dengan penyelenggaraan Pemilu 2019, Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan Sosialisasi Pameran Peduli Pemilu, sekaligus dilakukan pengukuhan sebanyak 7.000 relawan sebagai pengawal pemilu pada tingkat provinsi, yang dilaksanakan bersamaan dengan acara Bawaslu Colour Walk yang digelar di Pemko Banjarmasin, Minggu, (31/3/2019).

Dilansir dari laman MURI, pengukuhan Relawan Kawal Pemilu terbanyak pada tingkat provinsi tersebut berhasil memecahkan rekor MURI dan dicatat dalam Rekor MURI Nomor 8943 dengan rekoris BAWASLU Provinsi Kalimantan Selatan.

Menurut Ketua Bawaslu Kalsel, Iwan Setiawan, dengan adanya 7.000 relawan Kawal Pemilu ini ikut membantu pengawasan selama pelaksanaan pesta demokrasi nanti.

“Saya harapkan masyarakat ikut mengawasi dan bila ada serangan fajar, harus ditolak mentah-mentah dan laporkan ke Bawaslu Provinsi, Kota, Kecamatan dan lain-lain,” pesannya.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor menyambut gembira dengan acara Bawaslu Colour Walk. “Sosialisasi melalui jalan ceria ini mudah diterima masyarakat, karena mereka dalam suasana gembira,” katanya.

“Saya juga berpesan, masyarakat berbondong-bondong datang ke TPS-TPS pada tanggal 17 April dan mencoblos sesuai hati nurani,” tuturnya.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mensosialisasikan gerakan antihoaks dan politik uang serta menjamah pemilu yang aman dan demokratis, pungkasnya.

(Yanis)

Bagikan: