Bawaslu Kabupaten Cirebon Lantik 6.749 Pengawas TPS

Cirebon, Beritainspiratif.com – Pelaksanaan Pemilu 2019 tinggal menghitung hari, segala persiapan terus dikejar demi suksesnya hajat5 tahunan tersebut. Salah satunya yakni pembentukan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

Di Kabupaten Cirebon, sebanyak 6.746 orang yang dinyatakan lolos seleksi menjadi PTPS, resmi dilantik, Senin-Selasa (25-26/3/2019).

Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon, Abdul Khoer melalui Komisioner Bawaslu yang juga merangkap sebagai Kordinator Divisi (Kordiv) SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Cirebon, Minkhatul Maula, mengatakan, pihaknya mengapresiasi kepada Panwascam yang sudah sukses melaksanakan kegiatan perekrutan hingga pelatihan PTPS, sehingga seluruh kuota TPS yang ada di Kabupaten Cirebon bisa terpenuhi.

“Terkait rekrutmen PTPS sebenarnya itu kewenangan Panwascam, dan yang mengeluarkan SK untuk PTPS ini adalah Panwascam, tapi alhamdulillah, untuk Kabupaten Cirebon semuaTPS bisa terpenuhi,” ujar Minkhatul Maula, saat ditemui, Selasa (26/3/2019) malam.

Pembentukan PTPS sendiri menurut Minkhatul Maula, sesuai dengan UU no 7 tahun 2017 tentang Pemilu, yang mana dalam UU disebutkan pembentukan PTPS dilaksanakan minimal 23 hari sebelum hari H (pelaksanaan pencoblosan.red).

“PTPS ini nantinya bekerja untuk melakukan pengawasan pada hari H atau pengawasan ditingkat KPPS,” katanya.

Dalam pelaksanaannya nanti, dikatakan Minkhatul Maula, PTPS akan bertugas untuk mengawasi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, penghitungan suara dan pergerakan hasil pengitungan dari tingkat KPPS ke PPS.

“PTPS juga berkewenangan untuk menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan pelanggaran, kesalahan atau penyimpangan administrasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan sura,” katanya.

Beratnya tugas PTPS, Minkhatul Maula, berpesan kepada PTPS se Kabupaten Cirebon, yang baru saja dilantik agar tetap menjaga kesehatan, jangan sampai pada pelaksanaannya nanti, PTPS justru tidak melaksanakan tugasnya dengan baik.

(Dekur)

Bagikan: