Banyak Titik kemacetan, Pemkot Bandung Usulkan Jalur Khusus Roda Dua di Tol Dalam Kota



Bandung,Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota Bandung mengusulkan penambahan lajur khusus sepeda motor kepada PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) selaku inisiator pembuatan tol dalam Kota North South (NS) Link.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Arif Prasetya menyebutkan, Pemkot Bandung menyambut gembira adanya inisiatif pembangunan NS Link. Karena bertujuan memecahkan persoalan kemacetan di Kota Bandung.

“Apabila memungkinkan tol ini bisa mengakomodasi roda dua. Akan dikomunikasikan karena akan ditambah lebarnya. Dalam konsep awalkan lebar untuk roda empat sudah ada dua lajur, kalau dengan sepeda motor harus ditambah lagi,” ujar Arif usai menghadiri acara Bandung Menjawab di Taman Sejarah, Jalan Aceh, Kota Bandung, Kamis (24/1/2019).

Arif menuturkan, lajur yang diusulkan tetap pada trase yang sama agar pengendara sepeda motor diberikan kelancaran.

“Yang penting lebih banyak bermanfaat bagi Kota Bandung. Jangan sampai saat selesai dan turun dari jalan tol malah jadi masalah. Interkoneksi dengan jalan lain pun harus dipikirkan sebelum nyambung kita pikirkan,”katanya.

Keberadaan tol khusus sepeda motor sudah ada di Indonesia, yakni tol Bali Mandara yang panjangnya 12,7 KM dan lebar 3 meter yang menghubungkan pelabuhan Benoa, Bandara Ngurah Rai, dan nusa Dua. Pengendara roda dua harus bayar Rp. 4.500 untuk bisa melewati tol tersebut.

"Nantinya pengendara pasti harus membayar sesuai dengan aturan tarif yang telah ditentukan pemerintah pusat,"pungkasnya.

(Mugni)

Berita Terkait