Banyak Jembatan dengan Kondisi Memprihatinkan,Ini Kata Ketua DPRD



Cirebon,Beritainspiratif.com - Banyaknya keluhan dari masyarakat terkaitkondisi jembatan yang memprihatinkan, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, H Mustofa meminta kepada Pemerintah Kabupaten Cirebon untuk segera menginventarisir jembatan yang memprihatinkan tersebut.

Tidak hanya itu, politisi PDI-Perjuangan ini, juga meminta kepada pihak terkait seperti Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung ( BBWSCC) dan pihak lain untuk segera melakukan perbaikan.

"Pemkab harus menginvetarisir mana jembatan yang kewenangan BBWSCC mana yang kewenangan Pemda, karena saya mendapat banyak keluhan kalau jembatan yang kewenangan BBWSCC kondisinya memprihatinkan," ujar Jimust sapaan akrab H Mustofa kepada awak media, Rabu (6/2/2019).

Jimust juga mengatakan, dari hasil inventarisir itu, lalu diserahkan kepada Pj Bupati dan kalau ada kewenangan BBWSCC nantinya Pj Bupati membuat rekomenendasi untuk dilayangkan ke pihak BBWSCC.

"Ada beberapa jembatan seperti di Desa Warujaya, Suranenggala dan banyak daerah lain yang sekarang ini menggunakan jembatan sementara atau jembatan darurat, bahkan ada juga jemabatan yang dibangun itu secara swadaya. Kenapa itu dilakukan? Saat saya survei ke lapangan, ternyata bukan kewenangan Pemerintah Kabupaten Cirebon, tapi kewenangan BBWSCC," ungkapnya.

Namun, kata dia, masyarakat atau pemerintah desa menjadi malas mengusulkan, karena sering kali usulan mereka tidak ditanggapi. Bahkan kalau pun usulan masuk, enggak jelas kapan waktunya bisa direalisasikan.

"Nah, ketidakjelasan ini bisa saja kurang adanya support dari dinas terkait. Karena merasa bukan kewenangannya diam saja, seolah menginginlan agar masyarakat atau pemerintah desa mengusulkan sendiri ke BBWSCC," katanya.

Padahal kata Mustofa, jika pemerintah desa yang langsung mengusulkan ke BBWSCC sudah pasti tidak akan dianggap. Bahkan dirinya juga pernah mengusulkan ke BBWSCC terkait jembatan di Jambalang. Yakni ada tiang yang membuat sampah terbawa arus dari hilir tertahan di tiang tersebut, sehingga air meluap dan dengan curah hujan yang tinggi bisa mengakibatkan banjir.

"Berkali-kali, bahkan saya sudah membuat surat rekomendasi agar itu dilakukan pembersihan tidak pernah dilakukan. Saya berharap pemerintah daerah menyikapi kondisi ini, Pak Bupati khususnya memerintahkan dinas terkait agar menginventarisir jembatan mana saja yang kewenangan BBWSCC dan kondisinya memprihatinkan agar bisa mendapatkan rekomendasi dari bupati meminta kepada BBWSCC agar bisa secepatnya diperhatikan," katanya.

(Dekur)

Berita Terkait