Bank Sentral Sapa Siswa SMA Negeri 1 Palimanan dalam “Bank Indonesia Mengajar”

Cirebon, Beritainspiratif.com – Sebagai bentuk sumbangsih Bank Indonesia terhadap kemajuan dunia pendidikan sekaligus menjadi bagian dari rangkaian pelaksanaan peringatan HUT Bank Indonesia ke-66 dan HUT Republik Indonesia ke-74, Bank Indonesia melaksanakan Program “BI Mengajar” yang dilaksanakan di seluruh wilayah kerja Bank Indonesia selama akhir Juli s.d awal Agustus 2019. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon sendiri, dengan wilayah kerja Ciayumajakuning tahun ini memilih SMA Negeri 1 Palimanan sebagai lokasi dilaksanakannya program “BI Mengajar”.

Acara yang dilaksanakan pada hari Kamis, 1 Agustus 2019 di lapangan basket SMAN 1 Palimanan ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Fadhil Nugroho beserta jajaran pegawai KPw BI Cirebon. Selain itu, hadir pula Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, Drs. H. Rahmat Sutrisno, M.Si dan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan, Suhartono, S.Sos.

Sesuai dengan tema “Peran Bank Indonesia sebagai Bank Sentral dalam Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan di Indonesia”, Kepala Perwakilan BI Cirebon Fadhil Nugroho menyebutkan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan literasi masyarakat terkait peran dan tugas Bank Indonesia khususnya dalam menghadapi era digitalisasi ekonomi dan keuangan saat ini.

Hal tersebut sejalan dengan sambutan Sekda Kabupaten Cirebon, yang menyebutkan bahwa pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon terus berupaya menggandeng instansi dan perusahaan untuk dapat terjun langsung memberikan edukasi kepada anak-anak muda sehingga dapat meningkatkan wawasan para millenial di Kabupaten Cirebon.

Dalam materi pertama yang disampaikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, siswa diajak mengenal Bank Indonesia sebagai bank sentral Republik Indonesia. Siswa juga diberikan pemahaman mengenai tugas Bank Indonesia dalam memelihara kestabilan nilai rupiah baik terhadap barang maupun jasa yang tercermin dari laju inflasi dan nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lain.

Banyak siswa yang antusias dalam kegiatan tersebut dan melontarkan berbagai pertanyaan yang kritis dan khas anak muda. Para siswa yang relatif melek teknologi juga diberikan pandangan baru tentang peran Bank Indonesia dalam menghadapi transformasi ekonomi digital. Dalam paparannya, Fadhil menghimbau siswa SMAN 1 Palimanan untuk dapat berperan aktif dalam pertumbuhan ekonomi digital.

Generasi muda seyogyanya tidak hanya puas dengan mengambil peranan sebagai pengguna produk digital, namun juga sebagai developer aplikasi digital. Dalam menggunakan teknologi siswa juga diharapkan mampu lebih bijaksana, tidak mudah termakan hoax dan dapat menyalurkan edukasi positif penggunaan teknologi digital kepada lingkungan sekitarnya.

Dalam kegiatan ini juga diberikan materi perihal Cara Memperlakukan Uang Rupiah dan Ciri Keaslian Uang Rupiah yang disampaikan oleh Unit Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon. Siswa dihimbau untuk dapat menjadi agen komunikasi muda khususnya di wilayah Kabupaten Cirebon, yang mampu mengajak masyarakat mencintai uang rupiah dengan cara memperlakukan uang rupiah sesuai ketentuan yang dituangkan dalam UU Mata Uang.

Dalam kesempatan tersebut, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon juga secara simbolis menyerahkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia kepada beberapa sekolah sebagai wujud dukungan Bank Indonesia terhadap dunia pendidikan kepada :

  1. SMA Negeri 1 Palimanan – 1 (satu) set proyektor
  2. MTs Buninagara Malausma Majalengka – 1 (satu) set proyektor
  3. PAUD Cinta Bunda Desa Kalimati Kuningan – 3 buah Alat Permainan Edukatif Luar dan 1 set Alat Permainan Edukatif Dalam
  4. Madrasah Nurul Huda Kuningan – Bantuan Pembangunan Musholla (Yones)
Bagikan: