Banjir Rendam Gedung Sekolah dan Pemukiman Warga Hingga Puluhan Hektar Sawah

Majalengka, Beritainspiratif.com – Hujan yang terus mengguyur kawasan Wilayah Kabupaten Majalengka membuat warga masyarakat Kecamatan Ligung dilanda Banjir.

Banjir melanda warga Dusun Cikamangi, Desa Leuweunghapit dan masyarakat setempat terpaksa harus di evakuasi.

“Banjir diawali dengan hujan deras yang mengguyur wilayah Ligung dan sekitarnya sejak Minggu (11/3) sore hingga senin (12/3) dini hari. Banjir dengan cepat masuk ke pemukiman bahkan membuat warga di sejumlah daerah terpaksa dievakuasi,” kata Kapolres Majalengka, AKBP Noviana Tursanurohmad, melalui Kapolsek Ligung, AKP Toto Sumianto.

Menurut Toto, banjir terparah sejak malam hari. tepatnya berada dihalaman sekolah SMAN 1 Ligung. banjir disebabkan luapan sungai cikeruh, sehingga aktifitas sekolah pun  terganggu dan tidak bisa mengikuti pelajaran.

“Air sampai masuk ke ruang kelas dengan ketinggian hingga 30 cm dan lokasi kedua di Dusun Cikamangi, Desa Leuweunghapit Kecamatan Ligung. Genangan air sampai masuk ke pemukiman warga dan areal persawahan kurang lebih 20 hektar yang siap panen terendam banjir dengan ketinggian air sampai 30 cm,”jelasnya.

Selain itu, kata dia, belasan ton padi siap giling juga hanyut terbawa banjir.

lanjutnya, bahwa anggota dari Polsek Ligung sudah dikerahkan untuk turut membantu masyarakat yang akan beraktifiatas seharinya harinya terutama anak anak yang mau berangkat ke sekolah.

“Kita sudah mengirimkan kendaraan dinas untuk digunakan mengangkut warga yang akan berangkat beraktifitas dan anak anak yang hendak sekolah,”tukas dia.

Bagikan: