Bangun Sinergi dengan Media, Kapolres Ajak Tangkal Hoax



Cirebon, Beritainspiratif.com - Kapolres Cirebon, AKBP Suhermanto mengajak awak media untuk bersama-sama mengkampanyekan anti hoax. Hal ini disampaikan Kapolres Cirebon pada kegiatan coffe morning yang dilaksanakan di Mapolres Cirebon, Rabu (20/2/2019).

"Kami (kepolisian.red) mengajak kalangan media untuk bersama-sama mengkampanyekan anti hoax, dan juga menyamakan persepsi untuk menyadarkan masyarakat agar jangan terlalu percaya dengan penyebaran berita tidak benar," ujar Kapolres.

Dikatakan Kapolres, masyarakat yang mendapat informasi yang belum tentu kebenarannya diharapkan tidak langsung mempercayai kabar tersebut, sebaiknya dilakukan pengecekan terlebih dahulu, sebelum menyebar luaskan kabar tadi.

"Dengan kondisi yang sekarang ini, canggihnya teknologi informasi tidak bisa dipungkiri, sehingga penyebaran berita hoax tadi semakin menjadi, dan media online menjadi sarapan masyarakat sekarang ini, di satu sisi dengan perkembangan yang baik dapat membantu masyarakat dalam mencari informasi yang diinginkan," katanya.

Tahun 2017 saja, menurut Kapolres pengguna internet sudah mencapai 143 juta orang, apa lagi sekarang, untuk itu masyarakat diharapkan bisa lebih bijak dalam menggunakan internet terutama media sosial.

"Sudah menjadi tugas kita semua untuk memberi pemahaman kepada masyarakat atas penyebaran informasi di dunia maya ini, kalau belum ada kepastian, jangan dulu dishare," tambahnya.

Kapolres menambahkan, jika masyarakat menemukan konten atau berita yang berbau provokasi sebaiknya jangan disebar luaskan terlebih dahulu, karena itu bisa membahayakan.

(Dekur)

Berita Terkait