Bangkitkan Ekonomi Desa, Gubernur Jabar Serahkan 6 Unit Mesin ke Kampung Kaos Kaki di Sumedang

Sumedang, Beritainspiratif.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, melakukan kunjungan kerja dua hari ke Kabupaten Sumedang.

Salah satu daerah yang dikunjungi adalah kampung Cikondang Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang.

Kampung ini akan dikembangkam menjadi kampung kaos kaki.

Gubernur mengatakan Pemprov Jabar berupaya membangkitkan perekonomian di pedesaan, dengan menciptakan satu desa satu perusahaan atau One Village One Company (OVOC).

“Kita kan ada konsep satu kampung satu perusahaan, satu desa satu produk ato satu desa satu start up. Disini khasnya adalah kaos kaki dan demandnya ternyata cukup tinggi,” kata Emil sapaan Ridwan Kamil di kampung Cikondang, Sabtu (15/2/2020).

Emil optimis dengan adanya produk yang bisa dikembangkan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), bisa menghidupi ekonomi masyarakat setempat.

“Dengan adanya produk yang dihasilkan, masyarakat daerah ini tidak perlu ke kota bekerja di pabrik. Cukup di desa, karena ada lapangan kerja sehingga dapat membangun daerahnya agar lebih berkembang,” ujarnya.

Dalam kunjungannya itu, Emil menyerahkan bantuan enam unit mesin digital untuk memproduksi kaos kaki.

Winda Fitriani ketua kelompok kampung kaos kaki Cikondang menuturkan, pabrik yang didirikan Maret 2019 lalu ini, baru mampu memproduksi 21 lusin kaos kaki dalam 24 jam.

“Saat ini kami baru memiliki satu unit mesin, sehingga baru mampu memproduksi 24 lusin kaos kaki dalam satu hari. Dengan adanya tambahan bantuan 6 unit mesin dari pemprov Jabar, produktivitas pabrik akan meningkat sehingga menyerap lebih banyak lagi tenaga kerja,” ujarnya.

Kaos kaki produk Cikondang lanjut Winda, dipasarkan ke sekolah-dekolah dan dinas-dinas dilingkungan Pemkab Sumedang.

“Kami masih menjual dibawah harga pasaran. Untuk anak sekolah antara 5 ribu sampai 7 ribu, sedangkan kaos kaki dewasa 10 ribu rupiah,” imbuhnya.

(Ida)

Bagikan: