Bandung - Semarang Menyusuri Jalan Tol



Semarang, Beritainspiratif.com - Presiden Joko Widodo telah meresmikan empat ruas jalan tol yang berada di kawasan Jawa Timur tol Wilangan-Kertosono sepanjang 59 KM di Jawa Timur di Jawa Timur, Kamis (20/12/2018) meliputi ;

1.Ngawi - Kertosono (segmen wilangan - kertosono sepanjang 37,9 km),

2.Jombang - Mojokerto (Seksi Bandar - Kertosono 0,9 km),

3.Relokasi Jalan Tol Porong - Gempol 6,3 km,

4.Jalan Tol Gempol - Pasuruan (Seksi Pasuruan - Grati 13,65 km).

Selain ruas tol tersebut, juga diresmikan Tol Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer, dan Tol Semarang-Solo Seksi 4-5 Salatiga-Kartasura sepanjang 32,54 kilometer.

Ketua Proyek PT Waskita Karya Pemalang-Batang Toll Road (PBTR) Aminuddin mengatakan bahwa jalan Tol Pemalang-Batang juga sudah siap dioperasikan saat libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Menurut dia, pengendara yang melintasi Tol Pemalang-Batang pada musim libur Natal dan Tahun Baru mendatang tidak akan dipungut biaya. Tarif gratis itu, kata dia, berlaku sampai akhir Desember 2018.

"Kami pastikan jalur tol Pemalang-Batang digratiskan saat libur Natal 2018 hingga Tahun Baru 2019," kata Aminuddin, yang dilansir kantor berita antara.

Dengan pembukaan jalan tol di Jateng maupun di Jatim tersebut, maka jalur Jakarta-Surabaya sudah tersambung dan bisa dilalui kendaraan setelah ini. Panjangnya 741 km.

Untuk suatu kegiatan menghadiri Reuni Akbar STIMART AMNI Semarang yang digelar tanggal 28-29 Desember 2019, dengan pembukaan Jalan tol trans jawa tersebut kamipun langsung mencoba jalur tersebut, dan kami fikir sangat membantu perjalanan bagi pengguna jalan tol, apalagi di musim liburan anak sekolah, yang tentunya tol jauh lebih cepat tanpa kemacetan.

Kamipun berangkat dari Bandung menuju Semarang yang diawali dengan masuk ke tol Pasteur (Tol Purbaleunyi) Bandung menuju Tol Cikampek lalu memasuki tol Cipali menuju Cirebon.

Perjalanan siang hari ini memakan waktu kurang lebih 2,5 jam, Kamis (27/12/2018).

Kamipun meneruskan perjalanan dari tol Ciperna Cirebon menuju ke Semarang dengan melalui tol yang telah tersambung, hingga kami keluar di pintu exit krapyak Semarang, hingga memasuki kota Semarang (sekitar 3,5 jam)

Sungguh perjalanan ini sangat efektif dan lancar, meskipun musim libur sekolah namun sepanjang perjalanan kami tidak menemui kendala kemacetan, begitupun sebaliknya pulang dari Semarang.

(Yanis)

Berita Terkait