Bandung, Pengguna Facebook Terbanyak Se-Jawa Barat



Bandung, Beritainspiratif.com - Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan hampir diseluruh kota di dunia adalah Facebook, termasuk di Kota Bandung yang disebut sebagai kota terbanyak pengguna Facebook se-Provinsi Jawa Barat.

Demikian diungkapkan Kasat Reskrim Polrestabes Bandung, AKBP Mochamad Rifai pada dialog interaktif bertajuk "Antara Mahasiswa Hoax dan Panasnya Politik di Indonesia", yang digelar di Auditorium Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Bandung, Rabu (28/11/2018).

Rifai mengatakan, angka tersebut didapat lantaran jumlah populasi Kota Bandung berada di tingkatan paling atas diantara kota/Kabupaten lainya.

"Urutan kedua pengguna facebook terbanyak adalah Kota Bekasi yakni 1,6 juta orang dan di peringkat ketiga adalah Kota Bogor sebanyak 1 juta pengguna," ungkapnya saat menyampaikan materi.

Selain itu, dia juga mengatakan secara keseluruhan pengguna internet di Indonesia sebanyak 54.68% adalah pengguna internet dari 220 juta penduduk Indonesia dengan rentang usai pengguna internet rata-rata berusia 19-34 tahun.

"Dengan besarnya jumlah tersebut, saya himbau kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap konten-konten di internet yang belum tentu kebenarannya, kepada para mahasiswa agar.bisa menjadi pelaku edukasi di masyarakat tentang bahaya hoax," imbuhnya.

Terkait sebaran hoax, data yang disampaikannya menunjukan orang Indonesia persebaran hoax diakses melalui gadget sebesar 44.16%, melalui tablet 39,8% dan melalui Komputer sebesar 4,49%.

"Paling banyak hoax penyebarannya terjadi melaui chating yakni sebesar 89,46% dan melalui media audio visual atau video sebanyak 69,64 %," ungkapnya.

Dirinya menghimbau agar masyarakat selalu berhati-hati dalam menerima sebuah informasi karena akan sangat merugikan banyak pihak bila informasi tersebut tidak diketahui kebenarannya.

"Kalau informasinya keliru kemudian disebarkan oleh akun sosmed dengan pengikut banyak, kan sangat berbahaya," pungkasnya. (Tito)

Berita Terkait