Bandung Kota Pertama Memiliki Admin Lapor Hingga ke Tingkat Kelurahan

Bandung, Beritainspiratif.com – Rapat Koordinasi Pengelolaan Aspirasi dan Pengaduan Masyarakat melalui Lapor!, secara resmi dibuka di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (17/12/2018).

Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana dalam sambutannya meminta agar pengelolaan pengaduan pelayanan publik melalui Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (Lapor) terus ditingkatkan, meskipun sejumlah penghargaan telah diraih, sebab Lapor! adalah saluran aspirasi warga yang efektif.

“Lapor! adalah sebagai sarana untuk menjaring informasi, aspirasi dan pengaduan yang bersumber langsung dari masyarakat”. ujarnya.

Melalui Lapor! ini, berbagai masalah yang berada di Kota Bandung dapat dikelola oleh tiap tiap OPD sesuai dengan bidang permasalahannya,” ujar Yana.

Dikatakan Yana, sejak tahun 2017 Kota Bandung sebagai adalah kota pertama yang mempunyai admin lapor hingga ke tingkat kelurahan. Hal itu menjadikan pelayanan dan pengaduan masyarakat lebih dekat dan cepat.

“Apliakasi ini penting dan sejalan dengan bandung sebaga kota cerdas atau Smart City. Semua instrumen kota saling berhubung melalui pemanfaatan teknologi dan diakses lebih mudah oleh masyarakat melalui Lapor!,” kata Yana.

Berdasarkan data Diskominfo Kota Bandung, data sampai tahun 2018 ini, laporan valid yang masuk ke Pemerintah Kota Bandung sebanyak 14.949 laporan. Semua laporan sudah didisposisikan dan ditindaklanjuti oleh OPD terkait sesuai bidangnya.

“Kerja sama dan kolaborasi yang baik antar OPD membuat Bandung masuk 10 besar terbaik dalam Pengelolaan Pengaduan Publik melalui Lapor! dan meraih penghargaan dari Kemenpan RB. Ini tentu menjadi sebuah prestasi dan pencapain baik,” ujarnya.

“Saya mengapresiasi upaya Diskominfo dan admin yang sudah bekerja dengan baik melayani dan respon beragam keluhan dari masyarakat,” tambahnya.

(Yanis)

Bagikan: