Bandung Catatkan Rekor MURI dengan Lengser Ambu Peserta Terbanyak



Bandung, Beritainspiratif.com – Pada laman Rekor MURI Minggu, (14/10/2018) telah dilaksanakan kegiatan Seni Bandung #2 yang merupakan acara yang diisi beragam kesenian dan budaya serta menjadi wadah para warga Bandung untuk berkreasi.

Seluruh kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut hari jadi ke-208 Kota Bandung tahun 2018.

Para seniman yang berkumpul di area bebas kendaraan (Car Free Day) di Dago tersebut, adalah seniman yang tergabung dalam Komunitas Lengser Ambu Jawa Barat, mereka melakukan parade yang diikuti oleh 1.347 peserta memakai kostum dan riasan lengkap Lengser Ambu tersebut telah dicatatkan dalam Rekor MURI dengan katagori “Pemakaian Busana Lengser Ambu Peserta Terbanyak”.

Menurut sejarah, Lengser Ambu adalah wakil dari seorang raja dengan penggambaran sosok yang ramah dan mampu berbaur kepada masyarakat, memiliki tugas untuk menyambut para tamu kerajaan.

Di masa sekarang, kengser ambu menjadi tradisi dalam penyambutan calon pengantin dalam acara pernikahan dalam adat Sunda.

Atas prestasi tersebut pemakaian busana lengser ambu peserta terbanyak telah dicatat dalam Rekor MURI dengan Nomor 8674, atas nama Rekoris Komunitas Lengser Ambu Jawa Barat, Kota Bandung dan PT Antpro Tobasa Indonesia pada 14 Oktober 2018.      (Yanis)

Berita Terkait