Bandung Akan Jadi Kawasan Metropolitan Bandung Raya

Bandung, Beritainspiratif.com – Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Wali Kota Bandung Oded M Danial menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk pengembangan kawasan Metropolitan Bandung Raya di Pendopo Kota Bandung, Jumat (26/4/2019).

“Ini menjadi bukti komitmen Kementerian PPN/Bappenas untuk melaksanakan asistensi sinkronisasi perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan pembangunan Kota Bandung dalam rangka Pengembangan Kawasan Metropolitan Bandung Raya,” ungkap Bambang

Bambang menambahkan, pihaknya bersama Pemerintah Kota Bandung akan melakukan penelitian dan kajian bersama yang berkaitan dengan Kawasan Metropolitan Bandung Raya, fasilitasi pembiayaan non-anggaran pemerintah daerah, serta pemagangan dan pelatihan untuk peningkatan kapasitas perencana dan aparatur sipil negara di Kota Bandung.

“Tiga sektor yang menjadi fokus kerja sama ini adalah infrastruktur dan utilitas perkotaan, infrastruktur layanan dasar, serta perumahan dan kawasan pemukiman,” tegasnya.

Kota Bandung tidak sendiri, empat daerah lainnya yakni Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang diproyeksikan juga bakal menjadi kawasan terpadu modern yang berpotensi untuk menjadi pilar pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Barat yang nantinya diberi nama Metropolitan Bandung Raya.

“Kita akan melakukan pendampingan untuk penyiapan project-project di kota Bandung yang akan dilakukan dengan kerjasama pemerintah badan usaha, maupun project-project yang nantinya akan melibatkan swasta di dalam aktivitasnya,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan, pihaknya akan segera melakukan tindak lanjut agar proyek-proyek pengembangan Metropolitan Bandung Raya bisa segera dimulai terutama di Kota Bandung terlebih dahulu.

“Nota Kesepahaman ini akan segera kami tindaklanjuti dengan nota kerja sama secara sektoral dengan membentuk terlebih dahulu tim akselerasi dengan anggota gabungan dari Kementerian PPN/Bappenas dan Pemerintah Kota Bandung,” pungkas Oded.

[Yanis]

Bagikan: