Bandara Soetta Siapkan 3 Rumah Sakit dan Parkir Khusus Pesawat Jika Ada Penumpang Terinfeksi Corona



Beritainspiratif.com - Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta Anas Maruf menyampaikan bahwa Bandara Soekarno-Hatta, Banten, menyiapkan tempat khusus untuk parkir pesawat jika ada penumpang yang terinfeksi virus Corona. Hal tersebut untuk memudahkan pemeriksaan kepada seluruh penumpang yang berada di dalamnya.

"Kita koordinasi pesawat harus diparkir di tempat tertentu. Sudah ada parkir untuk pesawat," ungkap Anas di Gedung KKP Bandara Soekarno-Hatta, Senin (27/1/2020) kutip Antara.

Petugas KKP akan naik ke pesawat. Sesuai dengan Standar Operasional Prosedur, petugas akan mengecek tempat duduk orang yang sakit, kemudian melakukan karantina beberapa orang di dekatnya.

"Kita identifikasi (orang-orang yang duduk), dua baris di depan, dua baris di belakang, dua baris kanan kiri. Ini kita akan karantina juga," tutur Anas.

Selanjutnya apabila terpapar, orang-orang tersebut juga akan dirujuk ke rumah sakit yang sudah ditentukan KKP Bandara Soekarno-Hatta.

"Ada tiga rumah sakit, yakni RS Sulianti Saroso, RSPAD Gatot Subroto dan RSUP Persahabatan," kata dia.

Namun demikian, Anas mengatakan, belum ada kasus ditemukan penumpang terinfeksi virus Corona di dalam pesawat maupun yang berada di Bandara Soekarno-Hatta.

"Saat ini masih belum ada," ucap dia. (***)

Berita Terkait