Bandara Kertajati Akan Dibangun Asrama Haji dan Apartemen



Bandung, Beritainspiratif.com – Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Eka Putra mengatakan, pihak Kementerian Agama telah mengungkapkan ketertarikannya soal rencana pembangunan embarkasi haji di Bandara Kertajati saat melakukan survei ke BIJB pekan lalu, kata Virda saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kamis (18/10/2018).

Virda mengaku telah menyiapkan lahan seluas 17 hektar untuk membangun asrama haji selevel hotel bintang tiga berkapasitas 1.200 orang. Bentuknya seperti hotel bintang tiga, dan posisinya adalah sebelah selatan bandara, dan kapasitasnya tiga kali kapasitas pesawat boeing 777, dengan 1.200 orang, ucapnya.

Virda menyampaikan bahwa pihaknya tengah menggodok skema bisnis dan desain asrama haji tersebut. Selain itu kita juga akan menawarkan ke pihak yang akan mendasain untuk bergabung, tutur Virda.

Selain itu masih dilokasi tersebut, pihak BIJB pun tengah mempersiapkan pembangunan apartemen empat tower dengan kapasitas 1.000 kamar.

Untuk izinnya sudah keluar tinggal IMB, yang sebentar lagi akan keluar dari Bupati. Diperkirakan dengan pembangunan 4 tower dengan 1.000 kamar tersebut memerlukan anggaran Rp 500 miliar, dan akan dimulai pada akhir tahun nanti, ungkapnya.

Dilain pihak Sekda Provinsi Jabar Iwa Karniwa, menyampaikan bahwa pengembangan kota Bandara Kertajati jadi salah satu proyek investasi yang ditawarkan Pemprov Jabar kepada Asian Development Bank (ADB).

ADB tertarik setelah dilakukan pemaparan terkait BIJB, apalagi dengan kehadiran CEO-nya berarti serius, tuturnya.

Iwa, mengatakan akan terus menidaklanjuti dan terus berkomunikasi dengan pihak ADSB tersebut yang akan membiayai sejumlah proyek infrastruktur di Jabar.

Keterlibatan ADB sebagai pihak swasta sangat penting mengingat terbatasnya anggaran pemerintah yang bertumpu pada APBN dan APBD, tutup Iwa.    (Yanis)

Berita Terkait