Bandara Cikembar Akan Didorong Jadi Proyek Strategis Nasional



Bandung, Beritainspiratif.com - Proyek pembangunan Bandar Udara Cikembar di Kabupaten Sukabumi akan didorong menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN).

Bila hal itu terwujud, maka akan ada dukungan regulasi terkait pembebasan lahan maupun dalam pembangunannya.

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa usai rapat pembahasan Bandara Cikembar bersama Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat, Yerry Yanuar, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik, Kepala Dinas Perumahan Dan Pemukiman (Perkim) Jawa Barat Bambang Riyanto, di Gedung Sate Bandung, Jumat (2/11/18).

"Kita mendorong supaya bisa masuk ke PSN, dan Pak Gubernur akan segera membalas surat Menteri Perhubungan," kata Iwa.

Namun demikian, lanjut Iwa, kalaupun proyek Bandara Cikembar tidak masuk dalam PSN pihaknya tetap akan melakukan percepatan pembangunannya.

"Tetapi yang penting semangatnya kita akan lakukan percepatan dengan tetap bertumpu pada aturan yang ada," ujarnya.

Iwa berharap pembebasan lahan untuk Bandara yang memiliki landasan pacu seluas 1800 meter ini, bisa selesai akhir tahun 2018. Sehingga pembangunan fisiknya bisa dimulai di awal tahun 2019 sesuai target dari Kementerian Perhubungan.

Anggaran untuk biaya pembangunannya bersumber dari pemerintah pusat sebesar Rp400 Milyar, dengan target awal selesai pada tahun 2021 atau 2022.

"Saya berterima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah melihat kesungguhan Pemprov Jabar tentang Bandara Cikembar ini dengan mengalokasikan anggaran," tutur Iwa.

Iwa menjelaskan, untuk penetapan lokasi bandara, masih dalam pembahasan karena harus seusai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Pemerintah Kabupaten Sukabumi, sudah memasukkan revisi RTRW dan sekarang sedang diproses di provinsi untuk diteruskan ke pusat.

"Kami sendiri sekarang sedang melakukan langkah-langkah percepatan dimana kami tadi dalam rapat akan segera membuat surat ke DPRD untuk dibahas dalam rapat dewan," kata Iwa.

Bandara Cikembar terletak di Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi dan berdekatan pula dengan Kota Sukabumi.

Keberadaan Bandara itu sangat penting untuk menyokong pembangunan di kawasan Sukabumi selatan yang kaya akan potensi wisata. Khususnya dalam mendukung keberadaan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu yang sudah ditetapkan Unesco menjadi warisan dunia.     (Ida)

Berita Terkait