Bamunas: Komunitas Bisa Belajar Bikin Calender Event



Cirebon, Beritainspiratif.com - Membangun Cirebon Bersama Komunitas menjadi tajuk dalam kegiatan Dialog Terbuka yang diselenggarakan oleh komunitas Cirebon Kudu Priben pada Jumat (22/6) di Kawasan Pegambiran.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh komunitas-komunitas yang ada di kota Cirebon untuk saling berdiskusi dan membahas mengenai eksistensi dan peran komunitas di kota Cirebon bersama Agus Gineer salah satu founder About Cirebon.

Pasangan Nomor Urut 1, Bamunas Setiawan Boediman turut menghadiri undangan tersebut sebagai pemateri untuk diminta membahas point-point bagaimana seharusnya peran komunitas untuk kota Cirebon ke depannya.

Pada kesempatan tersebut disampaikan juga oleh beberapa komunitas yang mempertanyakan peranan pemerintah dalam pelaksanaan kegiatan komunitas di kota Cirebon yang dinilai kurang perhatian.

Bamunas mengatakan bahwa komunitas Cirebon ke depannya mampu berperan sebagai kontrol sosial. "Komunitas Cirebon inilah yang nantinya jadi kontrol sosial sekaligus bisa mengkritisi pemerintahan nantinya." ujar Bamunas

Agus Gineer pun menambahkan betapa pentingnya komunitas untuk mengangkat nama kota Cirebon. Dibutuhkan sinergitas antara komunitas sehingga semakin kuat, "Komunitas di Cirebon sangat banyak, beragam dan unik. Kalo komunitas di sini kompak nanti bisa setiap bulan melaksanakan kegiatan-kegiatan." jelas Agus Gineer

Tidak hanya itu, Bamunas memaparkan juga bahwa saat ini banyak hal yang perlu kita pelajari bersama komunitas-komunitas untuk menunjukkan eksistensinya pada kegiatan-kegiatannya.

"Nantinya saya dan Pak Effendi akan memberikan edukasi kepada komunitas agar bisa membuat kalender event. Jadi tidak hanya Pemerintah saja yang punya kalender event, tapi komunitas juga harus punya. Nantinya hal tersebut bisa tertata dan kegiatan pun bisa lebih maksimal dilaksanakan." lanjut Bamunas

Kegiatan dialog terbuka tersebut menjadi wadah komunitas untuk menyuarakan aspirasinya mengenai keadaan di kota Cirebon sehingga diharapkan pada Pembaruan di kota Cirebon nanti mampu mengubah keadaan kota Cirebon saat ini. Kreativitas dan karya komunitas yang ada menjadi dorongan untuk memajukan wilayahnya sebab peran pemuda sangatlah penting.

(YoC)

Berita Terkait