Bagian-bagian Kendaraan Inilah yang Harus Diperiksa Sebelum Mudik



Bagian-bagian Kendaraan Inilah yang Harus Dilakukan Sebelum Mudik

Beritainspiratif.com-Mudik identik dengan perjalanan jauh yang merupakan salah satu kegiatan yang paling dinanti untuk  berkumpul bersama keluarga pada momen lebaran.

Tak jarang para pemudik memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi demi menghemat biaya.

Perjalanan mudik yang menghabiskan waktu berjam-jam hingga sampai ke kampung halaman dapat menimbulkan risiko tinggi bagi pemudik jika kondisi pengendara mengantuk atau kelelahan.

Tidak hanya itu, penyebab lain yang sering memicu kondisi fatal hingga terjadi kecelakaan adalah kendaraan yang rusak akibat lalai melakukan perawatan.

Dengan demikian, tidak hanya harus menyiapkan fisik pemudik agar prima, namun juga kondisi mobil harus dipersiapkan secara matang agar perjalanan jauh tidak terganggu dengan timbulnya masalah yang diakibatkan karena kurang telitinya dalam memeriksa mobil sebelum mudik.

Retail Division Head Astra Otoparts-Shop&Drive, Indra Nugraha mengatakan bahwa sangat penting untuk memeriksa kondisi kendaraan sebelum melakukan mudik yang tidak bisa dianggap sepele dan diabaikan begitu saja.

Terdapat beberapa bagian dalam mobil yang penting untuk diperhatikan dan diperiksa terlebih dahulu sebelum hendak melakukan perjalanan jauh.

Memiliki layanan kualitas Astra, Shop&Drive menerapkan 11 poin pemeriksaan yang dapat membantu dan memudahkan pemudik untuk memeriksakan kendaraannya sebelum hendak melakukan perjalanan jauh: Oli mesin, transmisi, gardan Mobil yang digunakan pada saat mudik harus selalu menggunakan oli dengan kondisi baik. Oli mesin, transmisi, maupun gardan tidak bisa diabaikan dalam pengecekan, melihat fungsinya yang sangat penting dalam mengurangi gesekan antar komponen.

Mengecek hingga mengganti oli mobil sebelum melakukan perjalanan mudik adalah salah satu cara untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan karena kondisi perjalanan yang tidak terduga.   Kelistrikan dan air aki Sangat penting melakukan pengecekan kelistrikan sebelum melakukan perjalanan mudik, karena dengan begitu kita dapat mengetahui besarnya arus yang masuk,  hingga ada atau tidaknya kebocoran arus yang dapat membuat aki tidak dapat menyimpan listrik dalam waktu yang lama.

Air aki juga tidak boleh luput dari pengecekan karena jika kering akan merusak komponen lain di dalam kendaraan dan pastinya akan mengganggu perjalanan mudik Anda.

Filter udara dibersihkan Filter udara penting untuk dibersihkan untuk mencegah tarikan mesin berkurang, bahan bakar lebih boros, suara mesin kasar, dan mesin ngadat.

Tekanan angin ditambah Menambahkan angin dapat mencegah ban pecah secara tiba-tiba di tengah perjalanan mudik Anda, membuat jarak pengereman yang lebih baik, menciptakan kestabilan mengemudi pada kecepatan tinggi ataupun tikungan, daya tahan ban yang lebih baik, dan juga dapat menghemat bahan bakar.

Air radiator,  Peran air radiator sangat vital terhadap sistem pendinginan mesin untuk menjaga komponen radiator agar tidak kekurangan air, yang bertujuan untuk mencegah mesin panas atau overheat, maka jangan mengabaikan juga komponen ini.

Kondisi wiper blade Wiper butuh pengecekan rutin melihat fungsinya yang sangat penting untuk membersihkan kaca mobil dari segala kotoran yang menempel agar pandangan pengemudi ketika melakukan perjalanan mudik jernih dan tidak terganggu.

Shock absorber,  Shock absorber merupakan komponen pada kendaraan yang berfungsi untuk menyerap guncangan yang timbul saat kendaraan melewati gundukan atau lubang, terlebih lagi di jalanan yang tidak bisa diduga pada perjalanan mudik.

Maka dari itu, perlu dilakukan pengecekan agar pengemudi selalu merasa nyaman dan terhindar dari bahaya.   Minyak rem dan minyak kopling Rem merupakan hal yang vital selama berkendara, maka perlu dilakukan pengecekan terutama pada minyak rem, karena minyak rem yang kotor dapat menurunkan fungsi kerja rem.

Selain itu, minyak kopling pun tidak boleh diabaikan dari pengecekan karena apabila minyak kopling bocor, mobil juga tidak akan memiliki tekanan yang cukup untuk mengaplikasikan kopling dan memindahkan gigi transmisi.

Filter oli dan AC Filter oli yang berfungsi untuk menyaring kotoran pada oli tidak boleh luput dari pengecekan sebelum melakukan perjalanan mudik, agar perlindungan oli terhadap mesin bekerja maksimal dan juga membuat mesin terawat.

Tidak hanya itu, filter AC juga wajib diperiksa agar dapat menyaring udara kotor yang dapat menimbulkan penyakit dalam jangka panjang.

Sistem penerangan dan lampu Kemudian cek kondisi lampu mobil apakah masih layak digunakan atau tidak. Meski terlihat sepele, lampu utama maupun lampu sein memiliki arti penting di perjalanan.

Periksa kembali sistem kelistrikannya, terutama sambungan kabel dan kondisi kabel, serta bohlamnya   Semir ban Dengan menyemir ban mobil secara rutin, akan membantu membersihkan ban dari kotoran yang membandel, membuat ban tampak seperti baru sesuai warna karet ban asli, dan tentu saja dapat memberikan perawatan agar ban tetap terjaga elastisitasnya sehingga perjalanan mudik akan terasa lebih nyaman dengan ban yang terawat

Ketika sudah melakukan 11 poin pemeriksaan tersebut dan kondisi mobil sudah baik, jangan melupakan hal-hal penting lainnya seperti surat-surat penting yang dibutuhkan ketika berkendara, kelengkapan alat untuk saat-saat emergency, serta peralatan P3K agar selalu siap sedia di perjalanan mudik, sehingga mudik berjalan lancar dan menjadi momen membahagiakan bersama orang tersayang saat lebaran.

Demi memenuhi kebutuhan pelanggan serta memberikan kenyamanan dan kemudahan, Shop&Drive tidak hanya memiliki 11 poin pemeriksaan, namun juga menghadirkan layanan Oil Home Delivery (Jabodetabek) dan Battery Home Delivery yang dapat dipesan melalui Call Shop&Drive 15-000-15 (24 jam), demi memudahkan pelanggan setianya untuk mengganti oli maupun aki dimanapun dan kapanpun, serta media sosial (Facebook, Twitter, dan Instagram @shopanddrive) hingga mobile appsyang tentunya dapat memberikan info terkini dari Shop&Drive.  (Dudy)

Sumber :Elshinta.com

Berita Terkait