'Background Earthquake' Yang Guncang Kalteng Masih Dimonitor BMKG



Jakarta, Beritainspiratif.com - Gempa di zona tak lazim mengguncang wilayah Kasongan Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis siang, 12 Juli 2018, pukul 13.43 WIB lalu.

Gempa berkekuatan 4,2 Skala Ritcher dan guncangannya yang kuat membuat beberapa warga lari berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

Kepala Bidang Informasi Gempa bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono mengatakan, gempa Kasongan terjadi di zona tak lazim karena sumber gempanya bukan zona subduksi, dan juga bukan patahan yang sudah terpetakan dan dikenali sebelumnya (recognized fault).

"Meskipun pemicu gempa ini sebenarnya juga akibat adanya proses penyesaran batuan (faulting), yang terjadi pada kerak dangkal (shallow crustal)," ujar Daryono, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/7/2018) lansir Liputan6.com.

Dalam ilmu gempabumi (seismologi), gempa seperti ini disebut sebagai Gempa Latar Belakang (Background Earthquake), yakni sebagai aktivitas gempa, terjadi di zona yang tidak memiliki sumber pembangkit gempa atau seismogenik.

Bukan Gempa

Pertama

Menurut catatan seismogram, gempa lokal di Kasongan ini tidak banyak, tetapi hanya 1 seismogram saja yang dapat tercatat dengan baik oleh sensor gempa BMKG untuk dapat dianalisis.

"Hal ini disebabkan karena jumlah sensor gempa di Kalimantan, keberadaan tidak sebanyak di Pulau Jawa dan Sumatera," ungkap dia.

Daryono membantah gempa Kasongan ini merupakan gempa yang pertama terjadi di Kalteng. Dia mengatakan, gempa dangkal dan lokal serupa pernah terjadi pada 6 Juli 2016, yaitu gempa Buntok Kalteng dengan 4,5 Skala Richter.

Terkait hal itu, Daryono meminta masyarakat tetap tenang dan tidak percaya isu yang tidak bertanggungjawab.

"BMKG akan terus melakukan monitoring dan hasilnya akan diinformasikan kepada masyarakat," ucapnya.

(Kaka)

Ilustrasi: Beritaenam.com

Berita Terkait