Baabul Munawwar Mesjid Bawah Tanah Di Kedalaman 1.760 Meter



Papua, Beritainspiratif.com -Masjid Baabul Munawwar adalah masjid yang berada sedalam 1.760 meter di dalam bumi. Masjid tersebut berada di area pertambangan PT. Freeport‬ Papua‬. Seperti terlihat dalam foto, para muslim menjalankan shalat di masjid bawah tanah itu.

Masjid yang berada di daerah Tembagapura, Timika, Papua itu mampu menampung hingga 250 jamaah. Masjid tersebut sengaja dibangun agar karyawan yang bekerja di areal tambang bawah tanah, bisa tetap menjalankan ibadah dengan mudah.

Masjid tersebut masih terhitung baru. Sekitar awal Juni lalu masjid ini baru diresmikan. Persis di samping Masjid Baabul Munawwar tersebut terdapat Gereja Oikumene Soteria. Sengaja tempat ibadah dibuat berdampingan atas usulan para pekerja sebagai simbol toleransi.

Arsitek Masjid ini adalah Alexander Mone, seorang lulusan Bina Nusantara. Sedang strukturnya dikerjakan oleh jebolan ITB, Andrew Parhusip. Karena letak masjid yang berada di perut bumi, dipasang exhaust untuk menyedot udara kotor keluar, sehingga udara dalam masjid itu pun tetap terasa nyaman.

(Kaka)

Sumber: Beritabroadcast.web.id

Berita Terkait