Azis: Kota Cirebon Selalu Berupaya Menjadi Kota yang Kreatif

Cirebon, Beritainspiratif.com – Kota Cirebon akan selalu berupaya menjadi kota yang kreatif. Kota yang masyarakatnya tidak berhenti untuk melakukan perubahan yang lebih baik dan menemukan sesuatu yang baru untuk kemajuan masyarakatnya.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, saat pelaksanaan Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Cirebon 2019-2023 di aula Gotrasawala BP4D Kota Cirebon, Rabu, 16 Januari 2019.

“Sesuai dengan pasal 48 Permendagri 86 tahun 2017, maka rancangan awal ini dibahas dengan para pemangku kepentingan melalui konsultasi publik,” ungkap Azis.

Gunanya, untuk menampung masukan dari para pemangku kepentingan terhadap materi yang terkandung dalam rancangan awal RPJMD. Selanjutnya, rancangan awal ini akan disampaikan kepada DPRD Kota Cirebon untuk memperoleh kesepakatan.

Karena itu, lanjut Azis, pihaknya membutuhkan masukan dari semua pihak terkait RPJMD ini. “termasuk pula masukan dari forum koordinasi pimpinan daerah sebagai sesama penyelenggara pemerintahan di Kota Cirebon,” ungkap Azis. Karena Azis menginginkan semua pihak bekerja bersama untuk menjadikan Kota Cirebon kota yang lebih maju lagi.

Pada kesempatan yang sama Azis juga mengungkapkan jika Sehati sudah ditetapkan sebagai visi dan misi pemerintahan saat ini. Yaitu Sehat, Hijau, Agamis, Tentram dan Inovatif. Melalui visi dan misi tersebut mereka berkeinginan agar pembangunan di Kota Cirebon dalam kurun waktu lima tahun ke depan berbasiskan pada jati diri masyarakat Kota Cirebon, yaitu budaya dan sejarahnya.

“Melalui budaya dan sejarah yang dimiliki, kita akan berupaya membangun Kota Cirebon sebagai kota yang kreatif,” ungkap Azis. Yaitu kota yang menggambarkan masyarakat yang tiada henti berupaya untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Karena perubahan tersebut dilakukan tidak lain untuk kepentingan masyarakat Kota Cirebon juga.

“Khusus kepada kepala perangkat daerah agar bisa menerjemahkan visi dan misi tersebut dan menuangkannya dalam dokumen rencana strategisnya masing-masing,” ungkap Azis. Sehingga target dan sasaran pencapaian selama lima tahun ke depan bisa diraih dengan baik.

Sementara itu, Syifa, siswa kelas 10 SMA Negeri 2 Kota Cirebon sebagai perwakilan dari komunitas Pelajar SMA di Kota Cirebon berharap melalui RPJMD ini, angka anak yang bersekolah bisa lebih tinggi lagi.

“Kalau sekarang kan baru 9,97 tahun. Kami berharap angka partisipasi sekolah bisa lebih tinggi lagi,” ungkap Syifa. Tidak hanya itu, Syifa juga sangat berharap Kota Cirebon bisa menjadi kota yang ramah anak, sehingga anak-anak bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahapan umurnya.

(Yones)

Bagikan: