Atasi Ngantuk Pada Pagi Hari

Bandung, Beritainspiratif.com – Beraktivitas di pagi hari merupakan hal yang paling menyenangkan, terutama udara pagi yang menyegarkan.

Tapi pernahkah Anda merasakan kantuk di pagi hari?
Berbagai penyebab yang membuat rasa kantuk pada pagi hari ini terjadi.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika rasa kantuk menyerang pada pagi hari.

1. Terpapar Sinar Matahari Pagi

Sinar matahari yang terbit jam 6-9 pagi memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Liege, mereka yang terbiasa bangun pagi dan terpapar sinar matahari, umumnya memiliki sirkulasi darah yang lancar dan mudah berkonsentrasi.

Kita jadi merasa lebih bugar dan membuat waktu tidur lebih proporsional.

2. Pijatan Ringan

Menurut penelitian University of Michigan, lakukan pijatan ringan di area pelipis untuk meningkatkan stamina tubuh dan membuat kita tetap terjaga setelah tidur malam. Ada lima titik pijat untuk menstimulasi tubuh agar tidak cepat mengantuk, yaitu bagian puncak kepala, bagian antara ibu jari dan telunjuk, area sebelah kanan di bawah pusat tempurung lutut, di bawah mata kaki, dan di pangkal leher.

3. Minum Air Dingin

Setelah tidur lebih dari delapan jam, tubuh akan kehilangan cairan. Makanya, kita pasti merasa kehausan setelah bangun tidur. Dibandingkan minum kopi, Dr Oz menyarankan untuk meminum segelas air putih dingin, jika nggak terbiasa minum air putih hangat.

Lakukan juga teknik Ayuruevedic Practice of Ishnaya, yaitu menggosok lengan, tangan, dan kaki dengan handuk yang berisi es batu selama dua menit. Cara ini terbilang ampuh untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan melancarkan sirkulasi darah. Sehingga nggak mudah mengantuk.

4. Olahraga

Ketika bangun pagi, sirkulasi darah kita cenderung nggak lancar. Oleh sebab itu, biasakanlah untuk olahraga ringan. Selain meningkatkan hormon endorfin yang membuat aliran darah lancar, olahraga juga efektif menghilangkan penat dibandingkan segelas kopi espresso.

5. Sarapan

Jangan sesekali melewatkan waktu sarapan. Dengan sarapan, kita tidak akan makan dengan porsi besar di siang hari, sehingga nggak cepat lelah dan mengantuk seusai makan siang. Pilih jenis makanan berprotein tinggi, buah-buahan yang kaya serat, dan segelas susu untuk membuat tubuh lebih segar sepanjang hari.

(Kaka)
Foto ilustrasi: gelombangotak.com

Bagikan: