Atalia RK Tergoda Racikan Docang Khas Cirebon



Cirebon, Beritainspiratif.com - Cita rasa makanan khas Cirebon mendapat apresiasi luar biasa Atalia Ridwan Kamil. Apresiasi tersebut diberikan Istri Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil setelah mencicipi makanan khas cirebon yang dikemas dalam lomba masak di Gedung PCNU Sumber dengan tema Satu Rasa Satu Cinta, Selasa (8/5).

Pantauan Radar Cirebon, sejumlah makanan khas Cirebon diolah dengan berbagai racikan. Alhasil, rasa makanan mampu menggoyang lidah Atalia Ridwan Kamil. Yang paling menggiurkan, kata Atalia adalah makanan docang, karena memiliki Cita Rasa yang berbeda. Sebab, ada tambahan racikan tersendiri yang ditambah oleh warga Cirebon.

"Dari sekian makanan khas Cirebon seperti Empal Gentong, Nasi Lengko Nasi Jamblang, Docang dan lain lainnya. Docang menduduki peringkat pertama karena memiliki rasa yang berbeda," ujar Atalia, usai mencicipi seluruh makanan khas Cirebon yang dilombakan.

Menurutnya, lomba masak bertujuan untuk memunculkan kembali kuliner khas Cirebon agar lebih di kenal oleh masyarakat secara luas sama seperti Kota Bandung, Bogor dan Kota/Kabupaten lainnya. "Memang makanan khas cirebon sudah dikenal. Tapi, agar lebih dikenal maka harus mempunyai resep sendiri yang harus menjadi ciri khas, seperti yang tadi saya sebutkan yakni Docang," tuturnya.

Dia mencontohkan, di Kota Bandung ada kuliner seblak. Dulu seblak makanan biasa. Tapi, sekarang banyak inovasi baru, seblak sendiri banyak campuran bahan bahan yang bisa menambah citarasa sendiri dengan bahan bahan dibuat sendiri.

"Sebetulnya acara ini untuk menumbuhkan semangat mereka memberikan gizi baik untuk keluarga setelah itu baru berfikir untuk orang lain dengan kata lain untuk membantu perekonomian keluarga.

Tadi juga ada yang sudah berdagang dengan kemasan sendiri, ini merupakan kegiatan penting sekali untuk memberikan inspirasi kepada masyarakat khususnya ibu-ibu, " pungkasnya.

Yones

Berita Terkait