Asam Urat ! Inilah 6 Jenis Sayur dan Buah Yang Dapat Turunkan Kadarnya

Jakarta, Beritainspiratif.com – Penyakit asam urat dapat menyerang wanita maupun pria. Penyakit ini timbul akibat terbentuknya kristal padat pada sendi, dan menyebabkan timbulnya peradangan.

Asam urat sendiri diproduksi oleh tubuh secara alami yang digunakan untuk menguraikan zat purin yang terkandung pada makanan, di mana sisanya akan dikeluarkan melalui urin dan feses. Tentunya jika dibiarkan penyakit ini akan membahayakan kesehatan sendi dan juga ginjal.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan asam urat, utamanya berasal dari makanan yang kita konsumsi. Oleh karena itu, penderita asam urat haruslah selektif dalam memilih makanan.

Di pasaran, terdapat berbagai macam obat untuk menurunkan asam urat. Namun, berikut adalah 6 jenis sayur dan buah yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

  1. Brokoli
    Merupakan salah satu jenis buah yang ampuh untuk turunkan kadar asam urat tubuh adalah brokoli. Dipasaran, terdapat dua jenis brokoli, brokoli hijau dan merah.

Brokoli merupakan buah yang kaya akan vitamin C, serta sumber asam folat dan potasium. Selain itu brokoli baik dikonsumsi untuk kalian yang sedang diet namun menderita asam urat. Hal ini karena brokoli memiliki kandungan purin yang rendah.

  1. Wortel
    Wortel selain bermanfaat untuk mata, wortel juga dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Kandungan purin yang rendah dalam wortel baik dikonsumsi untuk penderita asam urat.

Tak hanya enak dikonsumsi, manfaat lain dari wortel adalah untuk memperkuat daya tahan tubuh, menjaga berat badan, mengontrol tekanan darah dan kolesterol serta mencegah penyakit kanker.

  1. Pisang
    Selain memiliki citarasa yang enak, pisang juga memiliki manfaat bagi penderita asam urat. Dikutip dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh PubMed Central, pisang memiliki kandungan purin yang rendah tetapi tinggi akan vitamin C. Vitamin C inilah yang dapat menurunkan risiko penyakit asam urat serta mengurangi efek asam urat.

Tak hanya itu, pisang juga memiliki manfaat beragam, seperti meningkatkan konsentrasi serta melancarkan sistem pencernaan dan manfaat yang lainnya.

  1. Ceri
    Buah Ceri tak hanya memiliki bentuk yang mungil dan memikat, buah ceri ternyata memiliki banyak manfaat juga, lho. Ceri merupakan buah yang kaya akan vitamin A dan vitamin C serta beberapa asam omega-3 dan omega5.

Dengan mengonsumsi ceri dapat mencegah terjadinya serangan pada sendi yang diakibatkan oleh asam urat yang tinggi. Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi pada ceri, anthocyanin, yang bisa membantu menurunkan kadar asam urat. Tak hanya itu, ceri juga memiliki manfaat yang beragam seperti mengurangi peradangan dan manfaat lainnya.

  1. Timun
    Timun merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Mentimun memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga mampu membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, timun juga bermanfaat untuk mencegah dehidrasi, mengatasi peradangan serta mengendalikan berat badan tubuh. Kandungan purin yang rendah pada timun juga membuatnya aman dikonsumsi oleh penderita asam urat.
  2. Kentang
    Kentang merupakan salah satu buah yang memiliki kadar purin yang rendah tetapi kaya akan vitamin C yang baik untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, kentang juga mengandung zat anti radang serta vitamin B6 yang membantu untuk meringankan pembengkakan atau nyeri pada asam urat. Sehingga untuk kalian yang sedang diet namun menderita asam urat, kentang adalah salah satu jenis makanan yang sesuai untuk dikonsumsi.

Itulah enam jenis sayur dan buah yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Mari kita konsum sayur dan buah agar tubuh kita sehat, karena mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.

Selamat mencoba ! (Yanis)

Bagikan: