Areniss Salahsatu Kedai Kopi Tertua di Garut

Garut,  Beritainspiratif. com-Berkesempatan mengunjungi kota Garut, usai santap malam dengan sajian  nasi dari beras organik produk petani  di wilayah Cilawu Garut, kamipun berkeliling mencari kedai kopi.

Yanis (kiri) dan Kang Oca pemilik Areniss

Mendapati kedai kopi Areniss yang berlokasi di Jl. Patriot 30 Tarogong Garut dan bertemu langsung dengan pemiliknya Bapak Santosa yang akrab dipanggil Oca langsung terlibat pembicaraan panjang sambil menikmati kopi arabika khas petani Garut dengan sedikit sentuhan gula kawung Areniss (Aren Manis).

Berawal dari membuka usaha pada oktober tahun 2010 dibidang teknologi (ISP) mantan pegawai salah satu bank ini, mencoba usaha untuk memenuhi permintaan gula kawung sebanyak 10 ton dari rekan di surabaya,  namun karena pertimbangan waktu dan tata niaga yang belum memadai serta kualitas produk belum baik, akhirnya Oca tertarik untuk mengembangkan gula kawung.

Gula kawung ini semula hanya dikemas dengan daun kawung, namun secara perlahan dapat memasuki pasar dan supermarket dalam bentuk gula padat, gula cetak yang telah dikemas lebih menarik dan harga terjangkau, meskipun dengan berbagai tantangan terutama sulitnya memprediksi permintaan dan didapatkannya harga yang stabil.

Berawal dari bisnis komputer yang telah ditinggalkannya dan banyaknya permintaan pengunjung akan kopi, maka di lokasi ini pun akhirnya menyediakan kopi dan produk gula kawung dengan merk Arrenis (aren manis) yang perizinan dan merk nya telah diajukan setahun lalu, dan saat ini tinggal menunggu sertifikat organik.

 

Untuk penyediaan biji kopi dipasok dari para kelompok petani kopi Arabika yang ada di Garut dan tersebar di berbagai wilayah dengan cara bermitra seperti kelompok tani arabika yang ada di daerah Kamojang, Samarang, Pakenjeng dan Sukawening, lokasi tersebut selain kopi juga terdapat kebun kawung dan aren.

Untuk roasting dan desain pengemasan nya kami lakukan sendiri dengan diberi merk seperti volcanos dll.

Kedai kopi ini yang buka jam 09.00-19.00 Wib juga adakalanya beberapa orang yang datang kemari untuk membeli kopinya untuk dijual kembali.

Kedai kopi Areniss yang merupakan salah satu kedai kopi tertua di Garut, berada cukup strategis di wilayah wisata kuliner, yang sampai saat ini masih bertahan dan bersaing ditengah maraknya pembukaan cafe kopi di Garut.

Selain menu tersebut cafe ini juga menyediakan menu special Jarenis (jahe plus aren manis) merupakan minuman khas sajian cafe Arrenis yang terkenal dengan kopi arabika dan makanan ringan lainnya.(Yanis)

Bagikan: