Apresiasi Siswa Berprestasi ,Cirebon Power Berhasil Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa

Cirebon, Beritainspiratif.com – Apresiasi kepada 1200 siswa berprestasi dari 20 sekolah di delapan desa di sekitar pembangkit listik Cirebon Power, membuat motivasi belajar siswa di sejumlah sekolah tersebut meningkat.

Muhammad Harun, guru Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Addaroib Citemu menuturkan, dampak positif dari program apresiasi bagi siswa berprestasi dari Cirebon Power sangat terasa. Menurutnya, motivasi belajar siswanya meningkat, karena berlomba untuk bisa mendapatkan apresiasi ini.

“Efeknya sangat positif, karena memotivasi siswa untuk lebih berprestasi,” kata Harun di Cirebon, Kamis 24 Januari 2019.

Hal serupa juga disampaikan Ajeng Restu, Guru SDN 1 Bandengan ini, menyambut baik dan mengapresiasi program yang diberikan oleh Cirebon Power untuk pelajar sekitar. Ia juga mengakui hal yang sama, bahwa muridnya termotivasi untuk lebih berprestasi lagi, dengan adanya apresiasi yang diberikan oleh Cirebon Power setiap tahunnya.

“Karena yang mendapatkan apresiasi ini, bukan siswa sembarangan. Melainkan siswa yang berprestasi di sekolahnya,” kata Ajeng.

Ia juga berharap, ada dukungan juga buat siswa lainnya yang tidak masuk sepuluh besar. Terutama bagi siswa yang memiliki ekonomi menengah kebawah. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Cirebon Power atas kepeduliannya terhadap pendidikan.

“Sangat berterima kasih, karena program Cirebon Power terhadap pendidikan, tidak terputus,” ujar Ajeng.

Devia Aulia Hasyim, siswi kelas 6 SDN 1 Kanci terus tersenyum. Ia merasa bangga menjadi bagian siswa yang mendapatkan apresiasi dari Cirebon Power. Devia mengaku akan menggunakan uang apresiasi tersebut, untuk membeli keperluan sekolah.

“Uangnya nanti buat beli perlengkapan sekolah,” kata Devia.

Kegembiraan juga dirasakan oleh Denis Adi Rangga, siswa MI Addaroin Citemu ini, sudah enam kali mendapatkan apresiasi siswa berprestasi dari Cirebon Power. Denis yang saat ini meraih peringkat dua di kelasnya itu, mengaku termotivasi dengan adanya apresiasi yang diberikan oleh Cirebon Power.

“Jadi semangat belajarnya, agar bisa dapat rangking dan bisa dapat apresiasi lagi,” ujarnya.

Head of Community Development Hafid Saptandito, mengaku bangga dengan adanya efek positif dari adanya apresiasi siswa berprestasi yang diberikan oleh Cirebon Power. Menurutnya, hal tersebuat merupakan salah satu indikator keberhasilan dari program ini.

” Walaupun belum ada riset yang resmi, tapi berdasarkan pengakuan para guru, apresiasi ini mendorong siswa berlomba dan berkompetisi untuk berprestasi,” ujar Hafid.

Hafid mengatakan, bahwa program apresiasi siswa berprestasi ini, sudah dilakukan oleh Cirebon Power sejak tahun 2012. Hingga saat ini tercatat 11.430 siswa yang telah menikmati manfaat apresiasi ini. Pihaknya melibatkan sebanyak 20 sekolah dengan memberikan apresiasi bagi 10 siswa setiap kelas.

“Jadi totalnya 1200 siswa yang diberikan apresiasi siswa berprestasi pada semester ini,” kata Hafid.

Ia juga mengaku sedang menyiapkan bentuk dukungan lainnya buat para pelajar, namun dalam bentuk lainnya. Ia berharap, dukungan dari Cirebon Power ini, bisa terus memotivasi siswa untuk berprestasi.

(Yones)

Bagikan: