Apresiasi Maung Anom, Pemprov Jabar Serahkan Sejumlah Penghargaan

Bandung, Beritainspiratif.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan uang penghargaan kepada skuat Persib U-19 dan U-16. Uang penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Jabar, Ridwan Kamil di ruang rapat Papandayan, Gedung Sate Jalan Diponegoro, Kota Bandung, pada Jumat (14/12/2018). Masing-masing tim mendapat uang penghargaan sebesar Rp 100 Juta dengan pembagian diserahkan kepada masing-masing tim.

Ditemui usai penyerahan, Ridwan Kamil mengatakan, dirinya memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih klub asal kota kembang tersebut. Selain itu, dirinya juga mengatakan semua pihak yang menjadi kebanggan bagi Jawa Barat perlu mendapat penghargaan.

“Dimana ada kebanggaan oleh siapapun yang memberikan berita baik terhadap psikologis di Jawa Barat patut diapresiasi untuk bidang apa pun. Jadi pembinaan club Persib ini sangat positif tahun ini membuktikan luar biasa menjadi terbaik di Indonesia usia 19 usia 16 juga bagus” ungkapnya.

Meski begitu, dirinya juga menyinggung soal Persib senior yang belum mampu meraih gelar Juara. Kang Emil sapaan Ridwan Kamil menyarankan untuk optimaslisasi bidang olahraga di Jawa Barat salah satu yang perlu dikembangkan adalah olahraga dengan sistem pendekatan sains sport.

“Seniornya masih belum (juara) tapi segitu sudah lumayan, dengan segala dinamikanya mudah-mudahan suatu hari akan meraih prestasi dengan mengembangkan ilmu sport sains,” jelasnya.

lebih lanjut, Kang Emil menjelaskan sport sains adalah metode berolahraga dengan memilih kondisi alam tertentu sebagai tempat berolahraga. Misalnya, kata Kang Emil, dengan berolahraga di wilayah dengan oksigen terbatas sebagaimana yang dilakukan di negara Cina yang melatih atletnya di wilayah Cina Selatan.

“Itu akan melatih nafas, sehingga saat bermainn di wilayah yang oksigennya banyak akan lebih maksimal,” lanjutnya.

selain itu pihaknya juga mengingatkan bahwa sepak bola bukan hanya soal pemain tapi juga supporter yang perlu terus dibina sehingga bisa lebih baik

“Sepakbola juga satu-satunya olahraga yang memang euforianya paling tinggi sehingga permasalahan sepakbola tidak hanya urusan prestasi setengahnya adalah urusan supporter juga yang dialami Persib kan terimbas oleh masalah suporter dan lain-lain,” kata Emil.

Pihaknya berharap, ke depannya sepakbola umumnya dan semua cabang olahraga di Jawa Barat dapat terus berkembang.

“Mudah-mudahan jadi inspirasi buat anak-anak muda yang lainnya, ya Ini masalah panjang ya tidak bisa hanya masalah musiman atau himbauan sesaat ini perlu edukasi panjang. Jadikan sepakbola Ini adalah sebuah olahraga kecintaan yang proporsional, yang secukupnya tanpa harus berlebihan,” pungkasnya.

(Tito)

Bagikan: