APBdes 2019 Sebesar Rp 1.4 Milyar, Akan Dimanfaatkan Pemdes Luwidinding untuk Pengaspalan Jalan Desa

Cirebon,Beritainspiratif.com – Pemerintah Desa Leuwidingding, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon pada tahun 2019 ini akan melaksanakan pengaspalan jalan desa sepanjang 1 km di 4 blok.

Dana kegiatan pengaspalan tersebut bersumber dari APBdes yang diterima desa melalui program Dana Desa (DD) Bantuan Provinsi (Banprov) dan Anggaran Dana Desa (ADD) yang diterima Desa Luwidinding pada tahun 2019 ini.

Kuwu (kepala desa.red) Desa Leuwidingding, Ono Suwaryono, memaparkan pengaspalan 4 blok desa di Sengkol, Sawah Genjah, Pesantren dan Bubulak. Selain pengaspalan juga senderan di desa Leuwidinding juga tempat pengelolaan pembakaran sampah.

“Selain pengaspalan, kami juga berencana akan membuat tempat pembakaran sampah yang akan dilengkapi dengan bak sampah konteiner dan 6 gerobak sampah pengangkut,” ujar Ono, saat ditemui Beritainspiratif.com, Rabu (6/3/2019).

Ono juga mengatakan, untuk di Blok Ragem, tanah yang dipersiapkan untuk pengelolaan sampah tersebut sudah disiapkan pihaknya seluas 1/2 hektar.

Menurut Ono, anggaran 1,4 M diprioritaskan untuk senderan, pengaspalan jalan dan pembuatan alat pembakaran sampah.

“Pengaspalan jalan dan senderan desa sangat diperlukan untuk kelancaran sarana transportasi antar warga sebagai penghubung jalan dengan memberikan rasa nyaman pada masyarakat dan perangkat desa dalam aktivitas kerja warga. Kami prioritaskan pengaspalan desa sebagai sarana penunjang tranportasi darat yang menunjang aktivitas warganya dalam berinteraksi kelancaran arus jalan warga Desa Leuwidingding.” tandasnya.

Ditambahkan Kuwu Ono, dalam pelaksanaan pembangunan desanya selalu memberdayakan warga yang mempunyai ketrampilan dan kemampuan dalam pekerjaan pengaspalan dan pembangunan.

“Kami berdayakan warga Desa Leuwidingding yang kebetulan profesinya mayoritas pekerja bangunan, jadi semua bangunan dilaksanakan warganya agar terjalin solidaritas warga, silaturahmi dan kondusifitas desa dapat terwujud,” harapnya.

(Dekur)

Bagikan: