APBD Jabar Tergerus Biaya Pembebasan Lahan Proyek Infrastruktur Pusat

Bandung, Beritainspiratif.com – Fraksi Partai Gerindra menilai, APBD Jawa Barat banyak tergerus untuk pembebasan lahan proyek infrastruktur program pemerintah pusat.

Salah satunya, pembebasan lahan untuk pembangunan Bandar Udara Cikembar, Sukabumi yang terletak di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.

Politisi partai Gerindra Daddy Rohanady, yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPRD Jawa Barat mengatakan, pada APBD Perubahan 2018 Jabar mengalokasikan Rp25 milyar dan RAPBD 2019 Rp55 milyar untuk Bandara Cikembar.

“Kita ini banyak memasukkan APBD kesitu (Cikembar). Jadi APBD kita tergerus kesitu,” kata Daddy kepada wartawan usai menghadiri rapat paripurna Pandangan Umum fraksi-fraksi terhadap raperda APBD prov. Jabar 2019, di gedung DPRD jalan Diponegoro kota Bandung, Jum’at (23/11/2018).

Selama ini, ungkap Daddy pembangunan bandara di sejumlah wilayah di Indonesia seluruhnya dibiayai oleh pusat. Sebagai contoh, pembangunan bandara Kualanamu, NTB, dan Kulon Progo, semua dibiayai oleh pusat.

“Kenapa di Jawa Barat tidak bisa. Kalau seperti ini kan menggerus. Partai Gerindra, kurang sepakat dengan hal itu,” tandasnya.

Menurut Daddy, dana untuk pembebasan lahan tersebut sebaiknya dialihkan ke pekerjaan lain. Masih ada dinas yang diberi anggaran cukup kecil, seperti Dinas Sosial.

“Jumlah penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Jabar cukup banyak. Namun hanya maximal 80 ribu orang yang bisa ditangani oleh Dinsos” ujar Daddy.     (Ida)

Bagikan: