Antisipasi Macet Saat Mudik, di Sumatera Barat, Pertamina Siapkan BBM Kemasan



Padang, Beritainspiratif.com -PT. Pertamina Marketing Operation Region I menyiapkan bahan bakar minyak kemasan di Sumatera Barat.

Hal ini untuk mempermudah masyarakat yang terjebak kemacetan mendapatkan bahan bakar saat Lebaran 2018.

General Manager PT Pertamina MOR I Sumbagut, Joko Pitoyo, usai melakukan Safari Ramadhan di Padang, Senin (28/5) malam, menyebutkan BBM kemasan yang dibawa petugas dengan sepeda motor ini ditempatkan di jalan nasional menuju Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, yang selama ini menjadi pusat kemacetan.

"BBM kemasan ini akan kami tempatkan di Padang Lua dan Baso, Kabupaten Agam. Kedua lokasi ini menjadi pusat kemacetan karena menjadi jalur utama menjadi Kota Wisata Bukittinggi," ujarnya, seperti dikutip dari laman Antara.

BBM kemasan yang tersebut bagian dari Satuan Tugas (Satgas) Ramadan dan Idul Fitri 2018. Keberadaan sepeda motor satgas ini, sebutnya untuk memberikan pelayanan darurat jika ditemukan kendaraan yang mengalami kehabisan BBM saat kondisi lalu lintas padat.

"Sepeda motor satgas ini disiagakan di SPBU. Jika ada kendaraan mogok karena kehabisan bahan bakar, akan langsung meluncur ke sana," ujarnya.

BBM yang disediakan pada sepeda motor satgas ini jenis pertamax untuk gasoline dan dexlite untuk gasoil.

Joko menambahkan, Pertamina dalam menghadapi libur panjang Lebaran membentuk Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri yang akan mulai diaktifkan pada 30 Mei hingga 28 Juni.

"Satgas Ramadan Idul Fitri dibentuk sebagai upaya untuk menghadapi libur lebaran, dan meningkatnya kebutuhan BBM oleh masyarakat," katanya. Joko menyebutkan untuk mengantisipasi lonjakan konsumsi BBM, Pertamina telah menyiapkan tiga kantong SPBU di Sumbar, yang terdapat di tiga lokasi yakni SPBU Padang Lua Bukittinggi dengan nomor 14264566, SPBU Baso Agam dengan nomor 14261580, dan SPBU Ngalau Payakumbuh dengan nomor 142626543.

"Selain menyiapkan tiga kantong SPBU di daerah pada lebaran tahun ini," ujarnya. (Dudy)

Sumber foto: https://bit.ly/2IWuK0a

Berita Terkait