Antisipasi Longsor, PT KAI Tambah Petugas Pemeriksa Jalan



Bandung, Beritainspiratif.com - PT Kereta Api Daerah Operasi 2 Bandung menambah petugas pemeriksa jalan, penjaga daerah rawan, dan penjaga lintasan kereta api.

Hal itu, untuk mengantisipasi terjadinya gangguan perjalanan kereta api akibat longsor dan banjir.

Apalagi libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, bersamaan dengan musim hujan.

"Kami sudah memetakan daerah rawan banjir dan longsor. Di daerah tersebut, jumlah petugas pemeriksa jalan akan ditambah," ujar Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Joni Martinus kepada Beritainspiratif.com, Senin (12/11/2018).

Disinggung mengenai persiapan untuk Angkutan Natal dan Tahun Baru, Joni mengatakan sejauh ini belum ada persiapan khusus menjelang masa angkutan tersebut.

"Namun untuk jumlah tempat duduk yang tersedia, sekitar 62 ribu seat perharinya," ucap Joni.

Pemesanan tiket untuk masa libur Natal dan Tahun Baru, dikatakan Joni belum menunjukkan peningkatan.

“Rata-rata okupansinya masih di bawah 50%. Peningkatan biasanya terjadi mendekati liburan Natal dan Tahun Baru," katanya.

Untuk menghindari kehabisan tiket, ia berpesan agar masyarakat melakukan pemesanan jauh hari sebelumnya.

“Pemesanan tiket kan sudah bisa dilakukan 90 hari sebelum keberangkatan, jadi masyarakat bisa melakukan pemesanan jauh hari, sehingga rencana liburan Natal dan ahir tahun bisa berjalan lancar,” ujarnya.

Joni menambahkan, guna memudahkan pemesanan tiket, masyarakat bisa mengunduh aplikasi KAI Access dari playstore atau appstore.

"Dengan aplikasi ini, penumpang bisa langsung mendapatkan e-boarding, sehingga tidak perlu lagi mencetak tiket karena sudah langsung mendapatkan barcode yang bisa dijadikan boarding pass. Barcode tersebut ditunjukkan ke petugas, saat akan berangkat menggunakan kereta," pungkasnya.   (Ida)

Berita Terkait