Antisipasi Bencana, Kesiapsiagaan Instansi Terkait Dibutuhkan



Cirebon, Beritainspiratif.com -Wilayah selatan Kota Cirebon rawan berbagai bencana, mulai longsor hingga banjir. Wali Kota Cirebon terharu dan menyambut baik kesiapsiagaan Polisi dan TNI untuk mengantisipasi bencana di musim penghujan di Kota Cirebon.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, usai menghadiri Apel Satgas Bencana Polres Cirebon Kota Dalam Rangka Menghadapi Musim Penghujan, Selasa, 18 Desember 2018 di area Stadion Bima, Kota Cirebon.

“Kami sangat terharu, karena kepolisian dan TNI sudah melakukan persiapan sejak dini antisipasi terjadinya bencana selama musim penghujan nanti,” ungkap Azis.

Dijelaskan Azis, di Kota Cirebon terdapat sejumlah titik rawan bencana. “Khususnya di wilayah selatan Kota Cirebon,” ungkap Azis. Diantaranya daerah Argasunya yang rawan longsor dan Kalijaga yang rawan banjir. Daerah selatan, lanjut Azis, banyak dilintasi sungai-sungai besar yang hulunya ada di daerah atas. Sehingga daerah tersebut memang rawan bencana baik longsor maupun banjir.

Pemerintah Daerah Kota Cirebon menurut Azis juga sudah melakukan upaya antisipasi pencegahan bencana. Diantaranya dengan melakukan pengerukan sejumlah sungai yang biasanya menimbulkan banjir. Ditambah dengan instansi terkait lainnya, Azis yakin penanggulangan bencana selama musim penghujan nanti bisa berjalan dengan baik di Kota Cirebon.

“Tinggal kesiapan mental dan disiplin. Itu yang menjadi kunci jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” ungkap Azis. Karena itu, secara non formal pemerintah daerah Kota Cirebon menurut Azis juga akan memberikan support kepada petugas agar mereka selalu dalam keadaan siap siaga hingga 6 bulan ke depan.

Sementara itu Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy, mengungkapkan sedikitnya 400 personil gabungan akan dikerahkan untuk penanggulangan bencana selama musim penghujan ini. “Ini merupakan bukti kehadiran negara, dalam hal ini Polri, TNI dan instansi terkait untuk mengayomi dan membantu masyarakat yang menjadi korban bencana,” ungkap Roland. Karena itu, menurut Roland, sinergi dibutuhkan agar negara benar-benar hadir di tengah-tengah masyarakat yang tengah menghadapi kesulitan.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Cirebon, Drs. Nashrudin Azis dan Kapolres Cirebon Kota, AKBP Roland Ronaldy meninjau sejumlah peralatan, mulai dari perahu karet dan lainnya yang akan digunakan untuk membantu penanggulangan bencana di Kota Cirebon.

(Yones)

Berita Terkait